Bahkan, pada momen selanjutnya, pengemis tersebut dijemput oleh seseorang menggunakan sepeda motor. Melihat itu, pengemis itu pun kembali bangkit dan berjalan ke arah motor jemputan itu dan pergi berlalu.

Viral aksi tipu-tipu pengemis gadungan Instagram

foto: Instagram/@merapi_uncover

Aksi pengemis ini pun seketika mengundang komentar warganet di berbagai platform media sosial. Mereka menilai hal yang dilakukan pengemis itu benar-benar tidak patut dilakukan.

Viral aksi tipu-tipu pengemis gadungan Instagram

foto: Instagram/@merapi_uncover

Bahkan sampai ada yang menyebut bahwa penghasilan pengemis di daerah tersebut mencapai Rp 500 ribu per hari.

"Kata Ustadzku di pengajian Muhammadiyah, meminta-minta adalah salah satu yang dilaknat Allah," tulis pemilik akun @jigoriski_____________________.

"Positif thinking saja. Mungkin dia ada meeting dadakan oleh mitra mitra pengemis lainnya. Membahas Isu isu dunia pengemisan saat ini," timpal pemilik akun @s.i.p.a.y.

"Pernah nanya-nanya sama pengemis di sekitar situ, biasanya sehari bisa dapat uang Rp 500 ribu. Gokil!" kata akun @ahmadarifdm.

"Mending kasih ke pengamen daripada pengemis, pengamen masih ada usahanya dikit, ya walau dikit hehe," kata akun @vaiz.edogawa.

Viral aksi tipu-tipu pengemis gadungan Instagram

foto: Instagram/@merapi_uncover

Usai viral dan dibagikan kembali di berbagai media sosial, pengemis yang pura-pura lumpuh itu diketahui telah diamankan kepolisian pada Minggu pagi (9/7).

Polsek Gedongtengen mengungkapkan identitas pengemis. Pengemis itu berinisial AGP berusia 50 tahun, warga Banguntapan, Bantul.

Oleh polisi pelaku diberi arahan serta pengertian. Pelaku juga diimbau untuk tidak melakukan perbuatannya lagi. Dalam kesempatan itu, polisi juga mengamankan kaos yang dikenakan saat mengemis sebagai barang bukti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merapi Uncover (@merapi_uncover)