Brilio.net - Sudah lama tak terdengar kasus kontroversial yang terjadi di sekolah-sekolah. Beberapa waktu lalu memang sempat marak kasus serius seperti tawuran antar sekolah, penganiayaan terhadap guru atau murid sampai kasus asusila.

Namun di balik adem ayem kasus tersebut, belum lama ini kembali terjadi tindakan tak pantas yang dilakukan oleh para siswa di hadapan gurunya. Dari video yang viral, terlihat sekelompok siswa yang merokok di kelas. Dengan santainya mereka menghisap batang rokok tersebut sementara seorang guru perempuan terlihat sedang menjelaskan pelajaran di meja depan.

Tidak hanya satu, melainkan sekitar empat sampai lima siswa sekaligus yang melakukan aksi tak terpuji ini. Selain itu, siswa lain meski tidak merokok juga tampak sama sekali tidak menghiraukan gurunya yang sedang mengajar tersebut.

merokok di depan guru © Instagram/@undercover.id
foto: Instagram/@undercover.id

Jika dilihat dari gerak-geriknya pada video yang viral, sang guru perempuan itu sepertinya sangat sadar apa yang dilakukan oleh para muridnya. Namun ia tidak melakukan tindakan pencegahan apapun.

Video berdurasi satu menit ini viral di Instagram dan Facebook. Di Instagram, salah satu akun yang mengunggah video ini ialah @undercover.id. Postingan tersebut telah mendapat tanda suka sebanyak lebih dari 8.000 kali. Sementara salah satu akun Facebook yang juga mengunggah fenomena mirisnya dunia pendidikan Indonesia ini adalah Rimas Putri. Postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 10 ribu kali.

"VIDEO : Bukti Beratnya Tantangan Para Guru Didunia Pendidikan. Guru Mau Kasar, Pasti Nanti Ujung-ujungnya Bakal dilaporkan," tulis akun @undercover.id seperti brilio.net kutip pada Selasa (8/1).

merokok di depan guru © Instagram/@undercover.id
foto: Instagram/@undercover.id

Seiring viralnya video tersebut, namun belum diketahui pasti di mana dan kapan kejadian tersebut berlangsung. Kejadian ini mendapat respons amarah dari warganet. Banyak mereka yang menyebutkan aksi tersebut benar-benar menunjukkan bobroknya mental siswa-siswa yang terlibat.

"Generasi 90an beda jauh sama generasi 2000an, bandel kami dulu gak begini kalo begini namanya KAMPUNGAN," ujar akun @ariirsyad.

"Tag Kemendikbud biar diusut...ada yang tau dimana," usul akun @riza_helmi.

"Ini lah bunda wajib di beri ASI exclusiv sewaktu bayi,agar otak anak berkembang dengan baik," sindir akun @ridwanbhayangkaras.

"Bagaimna pndidikan di indonesia mau maju kalo tiap kejadian guru yang jadi sasaran kesalahan," ungkap akun @qoniatulmasruroh.