Brilio.net - Orangtua punya kewajiban untuk bekerja sekaligus mengurus anak. Hal itu terkadang membuat hatinya dilema. Di satu sisi tak mau meninggalkan sang anak, tapi di sisi lain tak mau kehilangan pekerjaan. Tak heran jika beberapa orangtua rela meninggalkan anaknya yang masih kecil demi tetap bisa bekerja.

Kalau sudah begini, tanggung jawab mengasuh adikny akan bergeser kepada sang kakak. Meski demikian, kakaknya yang juga masih bersekolah bakalan dibuat bingung. Pilihannya tentu cuma satu, yaitu membawa adiknya itu ke sekolah.

Hal ini benar-benar dialami oleh salah satu bocah SD asal Sampang, Madura, Jawa Timur. Menurut pengakuan salah satu gurunya, ia selalu membawa sang adik ke sekolah. Hal ini dikarenakan kedua orangtuanya sibuk bekerja dan siswa yang tak disebutkan identitasnya ini tidak punya pilihan lain.

kisah bocah sd bawa adek © Facebook/louph.leendya

foto: Facebook/louph.leendya

Loading...

Akun Facebook Leendya Putry Kurniawati yang merupakan guru bocah itu kemudian mengunggah kisahnya dikutip brilio.net, Senin (8/10). Leendya mengatakan bahwa muridnya ini selalu membawa adiknya ke sekolah. Namun untungnya bocah perempuan itu tidak pernah rewel di kelas.

Sang guru maupun pihak sekolah tidak memiliki pilihan lain. Sebab jika dilarang membawa adiknya ke sekolah, siswa tersebut malah tidak datang alias absen. Meski harus momong sambil menimba ilmu, bocah laki-laki ini tetap semangat mengikuti pelajaran demi pelajaran.

"Kenyataan tak menurunkan harapan

Muridku ini slalu bawa adeknya kesekolah

Alhamdulillah gk perna rewel dalam kelas

Tak ingin menyalahkan siapapun

Hny bs termenung saat menunggu anak2 mengerjakan tugas yang kuberikan..

Umur segini uda bisa manage kehidupan

Momong adeknya sambil mencari ilmu

Kalo di larang bawa adek kesekolah

Pasti si anak tidak datang kesekolah

Karna nunggu adeknya dirumah

Karna ortunya kerja

Yang dipikirannya saat kutanya

Hanya ingin bersekolah dan jaga adek

Jadi masi beruntung mau datang bersekolah

Foto ku ambil saat istirahat

Teman2 lainnya sibuk bermain

Tapi Dia mencoba menidurkan adeknya dengan menimang," tulis gurunya.

Kisah haru yang diunggah di Facebook tersebut kemudian viral. Postingan guru asal Surabaya ini telah dibagikan sebanyak 46 ribu kali. Puluhan ribu komentar juga memadati postingan tersebut. Tentu saja banyak yang salut dengan perjuangan bocah SD satu ini. Meski usianya masih belia, namun ia bisa mengatur hidupnya cukup baik.

"Salut bt anky yg pantg myrah dn salut pd guruy yg bsa mgrti kdaan muridnya.... Sdih gliaty... G kbyg kl ank sndri," ujar akun Sadzali Bozonk.

"Kau yg berjiwa besar seumurmu kau dah punya tanggung jawab untuk adekmu dan kluargamu ..kau hebat nak insyaALLAH kamu akan jadi orang yg berhasil dan berbakti pd kedua orang tua mu dan menjaga adekmu penuh kasih sayang amin," tulis akun Suhari Romadhon.

"Sedih liatnya tp untung gurunya pada baik jd bs sekolah sambil momong si adek,smangat ya nak smoga u menjadi orang sukses kedepannya...amin," ungkap akun Fransiska Nining Purwanti.