Brilio.net - Sejatinya, ketika masalah dan musibah terjadi, anggota keluarga harus tetap bersama. Tapi setelah Tian Haicheng (38) dari China lumpuh dalam kecelakaan mobil, istrinya malah meninggalkannya. Untungnya, ia masih memiliki anak perempuannya di sampingnya.

Putri Tian Haicheng, Jia Jia, harus memikul tanggung jawab yang besar untuk mengurus ayahnya. Di usianya yang baru 6 tahun, Jia Jia harus menjaga dan merawat ayahnya yang lumpuh usai ditinggalkan ibu dan kakaknya.

Dikutip brilio.net dari siakapkeli dan metro, Kamis (4/10), Tian Haicheng diketahui mengalami kelumpuhan dari bagian dada ke bawah sejak empat tahun lalu dan membuat keluarga mereka hidup dalam kesusahan. Padahal sebelum insiden terjadi, Haicheng memiliki pekerjaan dan gaji yang stabil. Namun kini ia sudah tak bisa lagi berjalan maupun bekerja sehingga menyebabkan istrinya lari dan membawa anak laki-laki mereka.

"Dia memberi tahu saya, dia akan tinggal di rumah ibunya selama beberapa hari. Tapi dia tidak pernah kembali, dan dia membawa putra kami bersamanya," ungkap Haicheng.

Sejak saat itulah, Jia tinggal bersama ayahnya dan merawatnya. Ia bangun setiap hari pada jam 6 pagi kemudian memijat ayahnya selama setengah jam. Sebelum ia pergi ke sekolah, gadis kecil itu menyikat gigi dan mencuci wajah ayahnya.

Loading...

Saat Jia pergi ke sekolah, kakek dan neneknya yang sudah lanjut usia bertugas untuk menjaga ayahnya. Setelah Jia pulang, ia akan menyuapi ayahnya dan membantunya bergerak di sekitar rumah menggunakan alat buatan seadanya.

Ketika ditanya tentang ibunya, Jia Jia mengatakan bahwa dia sama sekali tidak merindukannya, karena "dia tidak menjaga ayah". Namun, dia merindukan kakaknya. "Aku dulu sangat dekat dengannya."

Berikut potret kebersamaan Jia bersama ayahnya:

1. Jia Jia yang berusia 6 tahun telah membantu ayahnya untuk menjalani kehidupan sehari-harinya selama 2 tahun.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

2. Sang ayah, Haicheng mengalami kecelakaan mobil pada tahun 2016, dan Jia membantunya bergerak di sekitar rumah menggunakan perangkat buatan seadanya.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

3. Haicheng mengalami lumpuh dari bagian dada ke bawah setelah taksi yang dia tumpangi jatuh ke dalam selokan pada Maret 2016.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

4. Dua bulan kemudian, istrinya yang sudah 7 tahun dinikahinya pergi meninggalkannya, membawa putra tertua mereka bersamanya.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

5. Sejak saat itulah, Jia mengambil alih tugas ibunya untuk menjaga ayahnya termasuk memasak dan membersihkan rumah.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

6. Sebuah video yang tersebar di media sosial China menunjukkan aktivitas sehari-hari Jia dan ayahnya. Mulai dari membantu ayahnya duduk di kursi roda sampai menyuapi makanan.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

7. Jia bangun setiap jam 6 pagi kemudian memijat ayahnya selama kurang lebih setengah jam.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my

8. Meskipun Haicheng mengalami lumpuh selepas kejadian itu, namun ia masih berharap untuk kembali sembuh seperti sedia kala agar bisa mengurangi beban yang ditanggung anak perempuannya.

Jia rawat ayahnya © 2018 siakapkeli.my