Brilio.net - Menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan nyaman adalah tugas manusia di manapun dia berada. Kebersihan dan kenyamanan tercipta karena dibentuk oleh kesadaran kita untuk tetap menjaga lingkungan.

Satu hal kecil menjaga kebersihan, namun punya dampak yang besar adalah membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah sembarang akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Seperti yang terjadi di Jepang baru-baru ini. Ditemukan beberapa sampah bungkusan produk dari Indonesia di sudut kota Jepang. Peristiwa itu diabadikan akun TikTok Mas Kasan @hassanhans.

@hassanhans

Pen nangisss via udel gasi ##foryourpage ##foryou ##fyp ##yfpchallenge ##beauthentic ##beresponsible ##responsibletravel ##zerotrash ##notrash ##viral

original sound - Mas Kasan/Bu Kasanah

Loading...

Video tersebut diunggah pada Minggu (28/6) kemarin. "Beberapa hari ke Jepang, belum pernah nemu sampah. Sekali nemu langsung bikin emosi kayak gini dong. Di Jepang baru nemu sampah, belum pernah nemu sampah, baru nemu sampah di sini... ternyata punya siapa hayo? Garuda pedas dong, sama sambel. Hayo punya siapa ini ngaku!" tutur Mas Kasan dalam video TikTok-nya.

Dia juga berpesan kepada para pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Bila tidak menemukan tempat sampah, sampah tersebut bisa disimpan terlebih dahulu dan bisa dibuang ketika sampai di hotel.

"Duh, jangan dicontoh ya gais malu banget nggak sih kalau kita dicap jelek sama negara lain," tambahnya di akhir video.

Viralnya video ini sejalan dengan ramainya tanggapan warganet di kolom komentar. Kebanyakan dari mereka menyayangkan peristiwa tersebut karena telah membuat malu orang Indonesia.

"yang buang sampah siapa gw yang malu," tutur @RSTI•ryukotsu

"malu : 40% marah : 65%," komen @Itachi Rinegan.

"yang buang 1 orang yang malau beribu ribu," tulis @Hrsy.

Ada juga warganet lainnya yang positif thinking, mungkin sampah tersebut bukan kelakuan orang Indonesia. Bisa jadi orang lain, atau memang tidak sengaja berserakan di jalan karena posisinya yang dekat dengan tempat sampah.

"itukan ada makanan Indonesia di Jepang, nah org Jepang makan dan mungkin sampahnya keluar kena angin," komen lainnya @CimEngg

"Itu kan sebelahnya tempat sampah bambang , mungkin aja ada anjing yg ngoker2 sampaj di bali banyak gitu sampah berantakan gara2 anjing /kucing liar," balas @Puja_

"mohon maap, itu memang makanan indo tapi belum tentu juga orang indo yang buang, bisa jadi orang jepang yang makan," komen yang lainnya @Dark Knight.