Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya kaya budaya, Indonesia pun punya kekayaan kuliner yang telah diakui dunia. Misalnya nasi goreng dan rendang masuk dalam makanan terlezat di dunia.

Tak hanya makanan, beberapa waktu lalu media asing seperti CNN mengeluarkan daftar 'World's 50 most delicious drinks'. Dikutip dari laman CNN, Kamis (21/9), disebutkan dua minuman asal Indonesia masuk dalam daftar, di antaranya cendol dan es kelapa muda. Media asing kenamaan itu menyebutkan dua minuman tersebut berasal dari Indonesia.

Namun, media asing lainnya, Insider Food beberapa waktu lalu justru menyebutkan bahwa cendol sebagai makanan asal Malaysia. Nggak cuma cendol, media tersebut juga menuliskan jika klepon dari Malaysia.

Nah, berikut video yang menunjukkan cendol dan klepon sebut sebagai kuliner dari Malaysia dilansir dari Twitter Insider Food.

Postingan video tersebut pun menjadi perdebatan di kalangan warganet. Tak sedikit yang mempermasalahkan penyebutan nama negara asal kuliner tersebut. Ada yang menyebutkan cendol dan klepon berasal dari Indonesia. Sementara itu, ada pula yang menyebutkan bahwa kedua kuliner tersebut berasal dari negara-negara di Asia Tenggara karena masih serumpun.

"As a Malaysian, this is the first time i saw how cendol is made," komentar @ayie_iman.

"*waiting for indo to claim this*," timpal akun @pied_pipper76.

"Indonesian food *done claim," ujar akun @Zxaim.

"Yang benar ya pak ya pak asalnya dari indon ya pak," tambah @MrWooosh.

"Saya lelah liat komen berantem sesama rumpun melayu ????" tulis akun bernama @mono13th.