Brilio.net - Seorang pria tersesat selama 24 jam usai mendaki Gunung Elbert di Colorado, Amerika Serikat. Dilansir brilio.net dari theguardian.com, Rabu (27/10), tim penyelamat mencoba memberikan bantuan pada pria tersebut dengan menghubungi nomornya. Namun sayang tidak ada jawaban atau panggilan kembali dari pria tersebut.

Tim Pencarian dan Penyelamatan Lake County mengatakan pria itu dilaporkan hilang sekitar jam 8 malam pada 18 Oktober, setelah gagal menemukan jalan untuk kembali ke jalan utama.

Tim penyelamat telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan pria malang tersebut. Mulai dari menelepon, mengirim pesan singkat, dan juga pesan suara. Namun semua itu tidak membuahkan hasil.

Mereka pun akhirnya mengerahkan lima unit penyelamat tim pertama pada pukul 10 malam, tim berikutnya fokus pada lokasi berisiko tinggi di gunung 4.401 meter di atas permukaan laut itu.

Namun upaya itu tidak juga membuahkan hasil. Mereka pun akhirnya turun lagi sekitar pukul 3 pagi. Upaya melakukan panggilan darurat terus dilakukan, si pria tidak juga menjawab.

Kemudian tim penyelamat kedua dikerahkan pada pukul 7 pagi, kali ini fokus pada jalur lintasan yang dilaporkan sebagai jalur pendakian yang kerap membuat pendaki hilang.

Sekitar pukul 09.30, akhirnya pria tersebut ditemukan tim penyelamat. Saat itu si pria menceritakan alasan mengapa dia tersesat. Pria tersebut mengaku tersesat dalam perjalanan kembali ke lokasi asalnya pada malam hari. Dia melewati jalur berbeda, sehingga membuatnya tersesat. Baru paginya dia menemukan jalan dan sampai ke mobilnya.

Satu pernyataan si pendaki yang membuat tim penyelamat kesal, di mana dia mengatakan tidak menjawab panggilan masuk lantaran nomor tidak dikenal.

Agensi melaporkan, pria itu bahkan tidak menyadari kehadiran agensi untuk menyelamatkannya.

Bayangkan saja, tim penyelamat berupaya dan susah payah mencarinya. Padahal jika dia menjawab panggilan itu, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga mencari si pendaki tersebut.

"Masalah besar di sini adalah ketika dia mengabaikan panggilan dari kami berkali-kali karena dia bilang dia tidak tahu nomor siapa," ujar pihak agensi.

"Jika Anda 'melarikan diri' dari rencana perjalanan awal (sesat), dan Anda mulai menerima panggilan telepon berulang kali dari nomor yang tidak dikenal, harap jawab panggilan tersebut. Mungkin itu panggilan dari tim penyelamat untuk membuatmu tetap aman!" tegas agensi.