Brilio.net - Suara parau atau tenggorokan serak di pagi hari adalah gejala yang cukup umum terjadi pada setiap orang dan seringkali diabaikan. Namun, mengetahui penyebabnya dapat membantu kamu memahami mengapa hal ini terjadi dan bagaimana kamu dapat mengatasinya. Seperti memerhatikan posisi tidur, minum air lebih banyak untuk membantu menghindari dehidrasi saat tidur, dan membersihkan saluran pernapasan sebelum tidur dengan berkumur garam atau nasal spray untuk membersihkan lendir yang umumnya menyebabkan serak pada tenggorokan.

Namun apa jadinya jika penyebab suara serak tersebut bukan karena kita tidak tahu cara mengatasinya, melainkan karena hewan mengerikan yang hidup di dalam tenggorokan tanpa disadari. Seperti yang dialami oleh seorang pria yag kisahnya memilukan berikut ini.

Pria tersebut mulai mengalami rasa tidak nyaman di tenggorokan dan berbicara dengan suara serak saat bangun tidur hingga saat melakukan aktivitas sehari-hari. Awalnya ia tak mengira ada hal berbahaya yang menjangkit tenggorokannya. Namun, saat pergi ke dokter, ternyata ia menemukan hal tak terduga. Suara serak tersebut rupanya disebabkan karena ada lintah sepanjang 6 cm yang menghisap darah dari tenggorokannya.

Terbangun dengan suara yang serak © Freepik

foto: odittycentral.com

Pada awalnya pria ini hanya beranggapan jika hal ini lumrah terjadi saat baru bangun tidur, namun asumsi itu mulai membuatnya ragu sampai gejala-gejala ini ditambah dengan dirinya yang meludah darah. Pada saat itulah dia menyadari bahwa keadaannya lebih buruk daripada yang terlihat. Awalnya, dia mencoba mengidentifikasi penyebabnya sendiri, dengan membuka mulut dan melihat ke cermin, tapi dia tidak bisa melihat keanehan selain apa yang tampak seperti gumpalan coklat di bagian atas tenggorokannya.

Pria berusia 53 tahun asal Vietnam ini panik dan segera mencari bantuan medis. Keputusannya melihat cermin membantu ia mengetahui bahwa ada lintah yang menempel di tenggorokannya. Ketika pria tersebut tiba di Rumah Sakit Nasional Endokrinologi di Hanoi dengan keluhan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan kadang-kadang meludah darah, dokter melakukan endoskopi dan menunjukkan lintah sepanjang 6 cm menempel kuat di tenggorokannya, tepat di dekat trakea.