Brilio.net - Selama masa kehamilan, diperlukan kehati-hatian yang tinggi dari seorang ibu. Tak hanya memperhatikan asupan makanan, namun juga keselamatan ketika beraktivitas.

Pasalnya, kejadian yang mengancam keselamatan nyawa bisa terjadi kapan saja. Selain berisiko untuk ibu, juga membahayakan bagi janin di dalam kandungan.

Dilansir brilio.net dari Bernama pada Selasa (28/9), dilaporkan seorang bayi laki-laki meninggal dunia usai terjatuh ke dalam lubang toilet. Mirisnya, tragedi itu terjadi setelah ia tak sengaja lahir di rumah di Parit 7, Sekinchan, Malaysia.

Direktur Pemadam Kebakaran Selangor, Norazam Khamis mengatakan dalam sebuah pernyataan, seorang wanita yang sedang hamil sekitar tujuh bulan, melahirkan bayinya secara tidak sengaja di toilet, ketika akan buang air besar. Peristiwa itu terjadi pada sekitar pukul 16.03 sore.

Bayi masuk ke lubang toilet © pexels.com

foto: pexels.com

Mengatasi permasalahan itu, petugas pun melakukan evakuasi. Pilihan untuk membongkar toilet akhirnya dipilih untuk menyelamatkan sang bayi.

Setelah 10 menit berlangsung, bayi itu pun dapat diangkat dari dalam toilet tersebut. "Bayi yang lahir jatuh ke dalam (lubang) toilet dan berhasil diangkat oleh petugas pemadam kebakaran dalam waktu 10 menit setelah toilet pecah," katanya.

Akan tetapi, bayi itu akhirnya dinyatakan meninggal dunia oleh Kementrian Kesehatan. Sementara itu sang ibu yang berusia 37 tahun dilaporkan dalam keadaan stabil. Wanita itu pun dikirim ke Rumah Sakit Tanjung Karang menggunakan ambulans.

Bayi masuk ke lubang toilet © pexels.com

foto: pexels.com

Sementara itu, kejadian miris dalam proses persalinan juga pernah terjadi di Indonesia pada 2020. Dilansir dari Liputan6.com, kejadian itu dialami oleh seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Desa Kajowair, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, NTT, berinisial EK.

Wanita itu berjuang sendirian saat melahirkan bayi di toilet rumahnya. Sekitar pukul 20.00 WITA, EK pergi ke WC untuk buang air kecil. Namun, saat itu ia melahirkan bayinya. Merasa panik, EK menarik tubuh bayinya. Nahas, bayinya meninggal.

(brl/pep)

(brl/pep)