Brilio.net - Biasanya, warga perkotaan menyewa jasa pengangkut sampah yang saban hari keliling dari satu RT ke RT, rumah ke rumah, untuk mengambil sampah dan dikirim ke tempat pengolahan sampah. Namun, sejak hal tersebut tak terjadi di tiga wilayah di provinsi DI Yogyakarta, yaitu Bantul, Sleman, dan Yogyakarta.

Pasalnya, tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Piyungan, yang jadi tempat pembuangan akhir, ditutup sejak 27 Juli. Praktis, warga ketiga kabupaten-kota tersebut melakukan berbagai siasat untuk mengolah sampahnya.

Warga setempat harus memikirkan bagaimana mengirimkan sampah ke bank sampah, menjualnya ke jasa pengolahan/angkut sampah, dan lain sebagainya. Tak ada lagi jasa angkut sampah yang datang secara rutin.

Hal tersebut lantas melahirkan momen unik di salah satu wilayah kota Jogja yang direkam oleh Siti Fauziah, pemeran Bu Tejo dalam film Tilik. Dalam rekamannya yang diunggah di akun TikTok @ozie_zie, Bu Tejo memperlihatkan momen ketika banyak warga berkumpul di jalanan setelah subuh.

Sindiran Bu Tejo soal sampah Jogja © TikTok

foto: TikTok/@ozie_zie

Seluruh warga itu membawa sekantong atau bahkan dua kantong plastik berisi sampah. Mereka konon sedang antri buang sampah. Anehnya, ada satu kontainer pembuangan sampah yang ditutup. Hal tersebut mungkin bikin bertanya-tanya, warga tersebut sedang antri buang sampah di mana?

Sindiran Bu Tejo soal sampah Jogja © TikTok

foto: TikTok/@ozie_zie