Kiranya itulah yang dihadapi oleh pemilik akun TikTok @anyeong20_tbg sebagaimana dilansir brilio.net pada Jumat (17/3). Nisa, sebagaimana ia bisa dipanggil, kehilangan kos tempat tinggalnya akibat terjadinya penggusuran.

momen mahasiswa tak tahu kosan kena gusur ini bikin terenyuh © TikTok

foto: TikTok/@anyeong20_tbg

Dalam video berdurasi sekitar 1 menit itu, terlihat bahwa mahasiswi ini baru saja kembali pulang dari kegiatan kampus menuju kos-kosannya. Tidak bisa langsung istirahat, Nisa dan temannya Eka di justru dikejutkan dengan kenyataan pahit bahwa kos-kosan mereka baru saja digusur dan telah rata dengan tanah.

Meskipun tampak sedikit senyuman di wajah, tidak dapat dipungkiri bahwa kesedihan besar juga melanda hati mereka. Dari video tersebut, tampak pemilik akun TikTok ini menemani temannya yang bernama Eka tersebut menelusuri kawasan perumahan dan kos-kosan yang telah hancur.

momen mahasiswa tak tahu kosan kena gusur ini bikin terenyuh © TikTok

foto: TikTok/@anyeong20_tbg

Berdasarkan keterangan di video, rupanya kos-kosan ini menjadi salah satu tempat di mana mereka sering menghabiskan waktu bersama di sela-sela kegiatan perkuliahan. Kesedihan seperti mereka juga tampak pada orang-orang yang masih berada di lokasi penggusuran.

Mereka masih berusaha menerima kenyataan bahwa tempat tinggal dan bagian usaha yang dahulu mereka miliki kini telah tiada akibat penggusuran tersebut.

momen mahasiswa tak tahu kosan kena gusur ini bikin terenyuh © TikTok

foto: TikTok/@anyeong20_tbg

Meskipun terlihat bahwa ada barang-barang furnitur rumah yang dikeluarkan dan diselamatkan sebelum penggusuran, pada kenyataannya tampak masih banyak barang-barang pemilik rumah maupun mahasiswa di kos-kosan tersebut yang belum sempat diselamatkan.

Barang-barang tersebut pun akhirnya terbuang begitu saja. Alhasil, peristiwa ini mengundang keprihatinan besar dari banyak netizen Indonesia.

"Nangiss bgtt," balas akun @d.donblue.

"Kasihan bange barang belum di packing udah di gusur," ujar akun @smile_ice72.

"Udah dari tahun 2018 waktu aku kuliah di unimed, sudah diberi peringatan penggusuran tapi masih aja nerima anak kost," komentar akun @defdanik_.

"Cukup kosannya yang dihancurkan, kenangannya jangan ya teman," tulis akun @ekasinamo07.

 

@anyeong29_tbg

 

suara asli - MyNameNisa29