Brilio.net - Permasalahan sampah memang tak ada habisnya, mulai dari buang sembarangan di kali hingga tempat-tempat umum. Hal ini lah yang membuat Indonesia dianggap susah majunya karena masih banyak yang suka buang sampah sembarangan.

Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya tampaknya memang masih kurang. Terbukti seperti postingan yang diunggah oleh pengguna Facebook Elizabeth Martina yang brilio.net kutip, Kamis (29/6).

Dalam postingannya, ia menunjukkan betapa mirisnya potret commuter line yang biasanya bersih menjadi penuh sampah yang berserakan.

"I wanna CRY! Where is my clean commuter line? This is so disgusting! So ashamed with people's attitude of eating n drinking then littering everywhere like EVERYWHERE. I think the cleaning service personnel has done their best to clean the train everytime the train stopped but these people just don't care.....kpn Indonesa maju kalo buang sampah ajah ga bisa? Even there are signs everywhere not to eat and drink inside the train!"

yang berarti:

Loading...

"Aku ingin MENANGIS! Di mana commuter lineku yang bersih? Ini sungguh menjijikkan! Jadi malu dengan sikap orang-orang yang makan dan minum kemudian membuangnya sembarangan di mana-mana. Aku pikir petugas kebersihan telah melakukan yang terbaik untuk membersihkan kereta setiap saat kereta berhenti tetapi orang-orang ini terlihat tidak peduli... Kapan Indonesia maju kalau buang sampah saja nggak bisa? Bahkan ada tanda di mana-mana untuk tidak makan dan minum di dalam kereta!"

Berikut potret mirisnya sampah yang berserakan.

1. Botol-botol minuman berserakan.

sampah commuter line  © 2017 Facebook

2. Botol minuman, tisu hingga kulit jeruk pun berserakan di kereta.

sampah commuter line  © 2017 Facebook

3. Beberpa orang terlihat cuek dengan sampah yang berserakan, padahal sudah ada larangan untuk tidak makan dan minum di dalam kereta.

sampah commuter line  © 2017 Facebook

4. Sampah berserakan di dalam kereta, ironis!

sampah commuter line  © 2017 Facebook

Tentu saja postingan ini pun menuai berbagai komentar.

"Ala bisa karna biasa.......klo kebiasaan dirumah masing masing terbiasa buang sampah ditempat sampah yg benar maka dimana pun akan menjaga kebersihan, klo sdh terbiasa bersih n disiplin tentu bertanggung jawab dgn sampah nya termasuk org yg menyimpan sampah dlm tasnya untuk sementara waktu,klo sdh nemu tempat sampah baru dibuang ...jdi intinya kebiasaan saja ...klo biasa jorok ya beginilah seperti apa yg terlihat.." kata akun Vivi Safinah.

"Sedih banget lihat foto-foto ini. Terima kasih sudah membagikannya di FB. Selain berbagi info di medsos, kita harus cari solusinya agar kejadian seperti ini tidak terulang di masa mendatang.

1. Jika kita ada di lokasi seperti yang tampak di foto, kita bisa mengajak penumpang yg masih ada untuk bersama2 memunguti sampah.

2. Jika melihat langsung penumpang KRL buang sampah sembarangan, segera diingatkan. Kalau mereka lebih galak, ya dilawan. Kita bisa foto untuk barbuk, atau ambil sampahnya dan sodorkan ke muka si pembuang sampahnya. Biar ga keterusan punya akhlak buruk.

3. Usul pada KCJ untuk segera memberlakukan denda bagi pembuang sampah sembarangan, untuk memberi efek jera. Denda ini juga bisa menjadi dasar hukum untuk penumpang yang mau mengingatkan penumpang lain yg buang sampah sembarangan. " kata akun Astari Yanuarti.

"Biasanya banyak beberapa orang dari daerah main ke jakarta, soalnya di busway juga kejadian. Kayaknya belum mengetahui peraturannya mbak, harus diingatkan memang," kata akun David Gabriel.

"Biasanya yg begini cuma penumpang musiman bukan pengguna CL yg rutin tiap hari naik kereta," ungkap akun Arif Wibowo.