Brilio.net - Seorang perempuan dari Oldham, Inggris, memiliki penyakit yang cukup langka. Ia mengalami kondisi selalu memunculkan bau ikan. Perempuan 26 tahun bernama Kelly Fidoe-White itu divonis menderita sindrom bau ikan bernama Trimethylaminuria.

Penyakit yang diderita kelly membuatnya susah untuk memecah senyawa tertentu dalam makanan seperti bau yang ada di ikan ataupun bawang.

Kelly perempuan bau ikan © 2017 metro.co.uk

Sebelum didiagnosis dua tahun lalu, Kelly bahkan bisa mandi hingga 4 kali dalam sehari. Ia juga menghabiskan banyak deodoran setiap kali akan berangkat bekerja. Setiap mandi, Kelly membutuhkan waktu yang lama, memakai air panas, dan menggosok kulit sampai muncul warna merah.

Kecemasan akan bau badannya terus muncul saat ia beraktivitas di luar rumah. Kelly bahkan sampai mengambil shift malah saat bekerja sebagai radiografi di Royal Oldham Hospital Inggris agar mengurangi banyak orang yang mencium baunya.

Kelly perempuan bau ikan © 2017 metro.co.uk

"Selain bau itu sendiri, hanya sedikit gejala lain. Efek samping kecemasan karena bau badan itu yang muncul dan membuat saya mengisolasi diri," katanya seperti dilansir brilio.net dari Metro.

"Sejauh yang saya tahu, kondisi ini hanya dialami oleh sekitar 300-600 orang di dunia, penyakit ini tidak cukup banyak dikenal," lanjut Kelly. Tidak ada obat yang bisa menghilangkan baunya.

Namun kini ia bisa cukup lega karena ada pil yang cukup bisa mengontrol bau badannya. Tentu ia juga harus menghindari makanan yang bisa memicu bau menyengat pada tubuhnya seperti bawang, daging, dan juga ikan. Tak cuma itu, Kelly juga menggunakan sabun dengan pH normal agar mengurangi bau badannya.

Kelly perempuan bau ikan © 2017 metro.co.uk

Ia mengaku tak tahu sejak kapan bau ikan itu melekat padanya. Hanya, ia ingat bahwa ia mulai merasa tak percaya pada bau badannya saat duduk di bangku sekolah.

"Ada satu kesempatan di mana saya mengaku punya sandwich ikan saat teman-teman saya bilang kalau ada bau ikan dari diri saya," ungkap Kelly.

Meski mengalami penyakit yang menggerus rasa percaya dirinya dan membuat ia harus menghindari banyak orang, Kelly telah menemukan tambatan hatinya sejak 16 tahun lalu. Dan Michael, pacarnya, sampai hari ini setia dengan Kelly.