Brilio.net - Meskipun semua bungkus rokok yang dijual menampilkan grafis gambar akibat merokok yang sangat mengerikan, kebanyakan perokok masih tidak peduli. Mereka masih saja merokok sementara orang-orang di sekitar mereka seringkali harus menghirup asap rokok.

Perokok mengabaikan dampak negatif dengan berpikir bahwa itu tidak pernah terjadi pada dirinya. Padahal dampak negatif merokok bagi kesehatan bisa terjadi pada siapa saja.

Tak terkecuali bagi seorang pemuda yang tidak pernah berpikir merokok bisa mengubah hidupnya jadi drastis. Adalah Agun Gunawan yang memiliki kebiasaan merokok namun ia bukanlah seorang perokok berat.

Meski demikian, kebiasaan merokok yang Agun miliki rupanya menyebabkan paru-parunya mengalami pengempesan sehingga harus menjalani perawatan serius.

curhat istri © 2017 facebook.com/agundgunawan.ngeblink

Loading...

Kondisi yang Agun Gunawan alami diceritakan langsung oleh sang istri, Rossa Ocha lewat sebuah postingan Facebook.

"Awalnya dia (Agun -red) mengeluh dada sesak, susah napas, tidur, susah duduk, sampai bergerak kiri kanan pun susah. Nyeri di dada kanan yang amat sakit sampai tidak bisa melakukan apapun," kata Rossa seperti dikutip brilio.net dari halaman Facebooknya, Selasa (1/8).

Langkah pertama yang dilakukan pasangan sang istri tentu membawa Agun ke dokter untuk segera mendapatkan obat yang bisa diminum secara rutin. Namun setelah berobat dan minum obat dengan rutin pun kondisi Agun tetap tak mengalami perubahan. Ia masih mengeluh sesak napas.

Akhirnya atas saran dari keluarga dekat Agun, pasangan asal Cirebon ini menemui dokter spesialis dan menjalani rontgen paru. Hasilnya menunjukkan bahwa Agun menderita penyakit Soft Tissue Mass.

"Tumor entah itu ganas/jinak kita enggak tahu karena belum ke dokter ahli paru langsung. Setelah pergi dibacakan... dokter manapun tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan saya satupun itu sakit apa? parah tidak? apa harus diangkat? Sampai dikasihlah surat rujukan untuk memeriksa di ahli paru," kata Rossa.

"Setelah giliran kita untuk konsultasi, diceklah hasil rontgen suami dan ternyata dengan tegas dan suara keras dokter berbicara 'Mas, Mba. Ini bukan benjolan tumor tapi paru-parunya kempes harus dirawat dibor di bawah ketiak diselang biar semua udara di paru keluar," lanjut Rossa.

Apa penyebab paru-paru Agun sampai kempes dan harus dibor? Rossa mengatakan penyebabnya adalah merokok. Padahal menurut Rossa, suaminya bukanlah perokok berat hanyalah perokok biasa yang menghabiskan 1 bungkus rokok bisa membutuhkan waktu 2-3 hari.

"Mereka yang tidak merasakan begini hanya beruntung saja tidak mengalami gejalanya, tapi kalian sebenarnya punya masalah berat karena sebenarnya paru-paru kalian sudah pasti rusak," lanjutnya.

Meski mengaku merasa sedih, di sisi lain Rossa bersyukur karena dengan cobaan yang ia alami membuat suaminya sadar dan mau hidup sehat selanjutnya.

"Smoga kejadian ini tidak menimpa kalian diluar sana ya, sayangi dirimu, sehat itu mahal, ndak enak loh suer! Dalaman tubuh di urak2 itu sakit loh katanya!," pungkas Rossa.

Hingga saat ini curahan hati Rossa yang ia tulis di akun Facebook milik suaminya sudah dibagikan lebih dari 123 ribu kali dan menarik reaksi dari 65 ribu netizen.

Dalam postingan itu, Rossa mengajak para perokok untuk berhenti merokok. Tak lupa ia juga meminta doa dari para netizen untuk kesembuhan suaminya, Agun Gunawan.