Brilio.net - Saking besar dan luasnya wilayah Indonesia, membuat belum semua orang mudah memahami keanekaragaman budaya dan adat yang ada di Indonesia, termasuk pakaian adat. Sayangnya lagi, belakangan ada pihak-pihak yang dengan lantang menghina pakaian adat saat dikenakan oleh Presiden Jokowi. Padahal jika seseorang mau berusaha mencari informasi lebih detail, banyak tulisan yang memberi pengetahuan tentang pakaian adat apa saja yang ada di negeri ini.

Berikut ini brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Rabu (1/3), momen-momen saat Presiden Jokowi dihina kala sedang mengenakan pakaian adat.

1. Dihina saat mengenakan pakaian adat Maluku.

Presiden pakaian adat © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@lambeturah

Loading...

Sebuah postingan di Facebook milik seorang akun bernama Indrisantika Kurniasari tersebut telah membuat banyak orang marah. Pasalnya, wanita pemilik akun tersebut menghina Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju adat Maluku. Dalam postingan Facebooknya tersebut, ia menuliskan kata-kata yang merendahkan Presiden dan pakaian adat tersebut.

"MAAF MAU TANYA NI.....!!! INI RAJA KODOK PAKE BAJU ADAT DAERAH MANA YA..???

APA DOI INGIN BERSAING DENGAN KING SALMAN YA..??

SAMPE SEGITUNYA DALAM MENCARI KOSTUM, HANYA INGIN BERSAING DENGAN KING SALMAN....!!!"

Sungguh ironi melihat tingkah orang-orang sekarang yang mudah mencaci tanpa mencari informasi terlebih dahulu. Padahal saat itu Presiden Jokowi berkesempatan menggunakan baju adat dari Maluku tersebut karena Presiden mendapat anugerah gelar 'Upu Kaletia Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku' yang artinya Bapak Pemimpin Besar yang Peduli Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat Adat Maluku dari Majelis Latupati Maluku.

2. Dihina saat mengenakan pakaian adat Batak.

Presiden pakaian adat © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com

Hinaan kepada Presiden Jokowi juga pernah ramai saat mengenakan busana adat Batak dalam acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Akun bernama Nunik Wulandari II pun melontarkan hinaan terhadap Presiden dan juga menyinggung masyarakat Sumatera Utara.

Nunik bahkan menulis kata-kata tak pantas dan mengatakan Presiden Jokowi seperti badut di Pulau Nias dan menyamakan Presiden Jokowi dengan Lady Gaga. Akibat ulahnya, Ketua Aliansi Masyarakat Luat Pahae, Lamsiang Sitompul melaporkan akun bernama Nunik Wulandari II ke Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara.

Wah, kalau yang seperti ini, jangan ditiru ya, Sobat Brilio. Soalnya keberagaman budaya Indonesia itu memiliki makna luhur tersendiri.