Brilio.net - Saat seseorang menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata, perlu perawatan yang serius. Jika kotor bisa menyebabkan iritasi mata bahkan menimbulkan dampak yang serius. Selain itu, perlu diperhatikan juga penggunaan softlens, seperti jangan dipakai selama 24 jam tanpa melepasnya, terutama sebelum tidur.

Lantas apa yang terjadi pada mata jika lupa lepas lensa kontak saat tidur? Bisa-bisa mempengaruhi kesehatan mata bahkan sampai menyebabkan kebutaan. Seperti yang terjadi pada wanita bernama Chen ini. Gara-gara lupa melepas lensa kontaknya, wanita berusia 21 tahun ini mengalami luka permanen di matanya.

Dikutip brilio.net dari worldofbuzz, Rabu (30/8), Chen mulanya mendapatkan sepasang lensa kontak tersebut pada Maret dari dokter mata. Setelah satu bulan, dia malas melepasnya setiap malam. Jadi dia memutuskan untuk memakai lensa kontak tersebut saat tidur.

lepas softlens © 2017 worldofbuzz.com

Lima bulan berlalu, dia terbangun suatu pagi dan menyadari mata kanannya telah menjadi buta. Tentu saja, Chen panik dan bergegas ke rumah sakit untuk meminta bantuan.

Setelah diperiksa, dokter menemukan lapisan tipis 'zat' di permukaan bola mata Chen. Zat tersebut kemudian diidentifikasi sebagai lensa kontaknya. Bagian yang lebih buruk adalah lensa kontak itu menyatu dengan bola matanya. Alhasil hal ini membuat korneanya kemerahan dan bengkak.

Selain itu, dokter juga memperhatikan 'lubang' seukuran kacang hijau di pupilnya. Ketika Chen ditanya tentang apakah dia memakai lensa kontak sebelumnya, Chen kemudian menjawab, "Itu tidak mungkin! Saya tidak memakai lensa kontak baru-baru ini!"

Namun, dokter dengan hati-hati mengambil dua lensa dari matanya, yang membuat Chen terdiam. Setelah berpikir keras, dia ingat bahwa lima bulan yang lalu, dia memakai sepasang lensa kontak, yang tidak dilepas sejak saat itu.

Akibatnya, mata kanannya menjadi benar-benar buta karena 'lubang' pada kornea kanannya. Satu-satunya cara untuk mengembalikan visinya adalah melalui transplantasi kornea.

Beruntung, mata kirinya tidak terluka setelah dua minggu menjalani perawatan anti-radang. Dokter juga menyarankan agar dia tidak memakai lensa kontak apapun selama lebih dari enam jam sehari dan mereka harus dilepas sebelum tidur.

Ingat mengambil lensa kontakmu tidak memerlukan waktu lebih dari satu menit, jadi jangan malas ya!