Brilio.net - Baru-baru ini publik dibuat gempar dengan video evakuasi ibu dan anak dari rumah mewah terbengkalai di TikTok. Dalam video yang dibagikan tersebut, sang anak diketahui bernama Tiko, sudah tinggal bersama ibunya di tempat tak terawat itu selama 11 tahun.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @novinefril pada Jumat (30/12) tahun 2022 kemarin. Dalam unggahan tersebut, petugas rumah sakit jiwa serta warga telah berkumpul untuk mengevakuasi Ibu Eny menuju rumah sakit. Proses evakuasi cukup sulit dikarenakan Ibu Eny yang sulit bertemu orang baru.

Dibantu oleh petugas dan sang anak, Ibu Eny akhirnya mau keluar dari rumah tersebut dan naik ke mobil. Ibu dari Tiko ini tampak marah ketika petugas mencoba membawanya menuju mobil. Meski begitu, proses evakuasi itu berhasil dilakukan. Ibu Eny pun segera dibawa ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan penangan dari ahlinya.

Tiko dan ibu eny © Berbagai Sumber

foto: YouTube/Bang brew Tv

Di balik proses evakuasi ibu dan anak itu, ada kisah sedih yang dirasakan oleh Tiko dan ibunya, Eny. Brilio.net melansir dari YouTube BANG SATRIA, pemuda berusia 23 tahun itu diketahui tinggal di rumah besar dua lantai bersama ibunya. Menurut informasi dari kanal tersebut, sang ibu tampaknya menderita gangguan jiwa atau bisa disebut juga ODGJ. Padahal dahulu Tiko hidup bahagia bersama keluarganya di rumah tersebut.

Pria kelahiran 1999 juga sudah lama ditinggal pergi oleh ayahnya. Berdasarkan penuturan Tiko, ayahnya pergi ke Madiun untuk bertemu anak-anaknya setelah bercerai dan ibunya. Dari kabar tersebut, Tiko sadar bahwa ternyata selama ini sang ibu adalah istri kedua.

Tiko dan ibu eny © Berbagai Sumber

foto: YouTube/Bang brew Tv

"Dari kabar dengernya sih, cerai itu langsung pulang ke Madiun. Itu nemuin anak-anaknya yang berarti disitukan mama istri kedua. Itu sih cuma dugaannya," ujar Tiko.

Ayah Tiko pergi ke Madiun meninggalkan istri dan anaknya. Semenjak saat itu dia tidak pernah kembali atau bahkan sekadar mengirim uang sebagai bentuk nafkah. Sebelumnya, Tiko sempat dibantu oleh saudara ayahnya. Namun, itu sudah cukup lama dan sekarang dia harus bekerja sekaligus mengurus ibunya seorang diri.

"Sama sekali nggak dapet nafkah dari papa setelah pergi gitu aja. Cuma emang dulu itu sodara-sodara sekarang lost (contact), semua hilang. Jadi dulu punya pakde, itu dulu masih suka titipin uang, tiap tahun tapi. Di 2019 itu udah nggak ada (kirim)," ungkap Tiko.

Tiko dan ibu eny © Berbagai Sumber

foto: YouTube/BANG SATRIA