"Setelah jadi yatim piatu harus ngurus ade, tapi kenyataannya? Jadi gua yang keurus deh haha," katanya seolah terlihat tabah. Di video yang sama, ia memperlihatkan adiknya membantu dirinya memasak, membersihkan motor, membawa belanjaan yang berat, dan bahkan mengurus surat kematian ibunya.

"Ade emang belum kerja, tapi suka bantu kaka," lanjut pengunggah di caption.

Jadi yatim piatu diurus adek  © TikTok

foto: TikTok/@aphiska

Setelah sang ibu meninggal dan dimakamkan, mereka pun memilih untuk merantau bersama ke Jakarta, meninggalkan rumah lama di Kuningan. Kakak beradik itu memilih tinggal di kontrakan, menjalani hidup sambil bahu membahu seperti yang seharusnya.

Diketahui melalui unggahan lain, sang ibu mengidap tumor sejak 2017. Sang ibu sempat menjalani operasi karena itu, kemudian terlihat sehat kembali setelahnya.

Namun, tiga bulan setelah Lebaran pada 2023, kesehatan sang ibu menurun lagi. Ia memiliki luka di liver, maag kronis, dan kanker payudara stadium 1. Pengunggah tak menjelaskan apa musabab penyakit itu. Yang jelas, tak lama setelah diketahui penyakitnya, sang ibu meninggal pada 7 November 2023.

Jadi yatim piatu diurus adek  © TikTok

foto: TikTok/@aphiska

Alhasil, unggahan pengunggah itu viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, salah satu unggahannya telah ditonton 199 ribu kali, disukai 13,7 ribu kali, dan dikomentari 213 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"nangiss. sehat selalu dan dimudahkan rezekinya untuk kakak dan adiknya ," ujar akun @phristyani.

"insyaallah Allah mudahkan kakak dan adiknya jika sabar dan ikhlas dalam menjalankan kehidupan di dunia ini semangattt ya," komentar akun @onehadistfor_aday.

"aku juga kalo ada apa2 yang urus adek ku karena dia dilatih untuk capable kapanpun situasi nya ," tulis akun @moyamoy977.

@aphiska Bismillah 2024 jadi tahun awal gua jadi kepala keluarga. Ga semua ade kaka bisa kerjasama kaya kita de Ade emang belum kerja, tapi suka bantu kaka. Dari ngisiin air minum, kadang nyuciin baju juga, belom lagi suka di suruh ke warung dengan permintaan ga jelas dan jadi pendengar dari segala tantrum gua yang misuh soal kerjaan atau kuliah haha biyubiyuuu #2024resolutions #siblinggoals #brotherlove original sound - Ananta Prima