Brilio.net - Sudah sejak belasan bahkan puluhan tahun lalu, Google menjadi mesin pencari paling populer di Indonesia. Kepopuleran Google mengalahkan para pesaingnya seperti Yahoo Search dan Bing yang juga populer di negara lain.

Kamu pasti pernah mendapat kata saran dari Google saat akan mencari dengan kata kunci tertentu. Belum selesai mengetikkan kata dengan lengkap, kata saran atau suggestions ini pasti akan muncul. Suggestions muncul biasanya karena kata tersebut paling banyak dicari oleh warganet.

Tapi tahukah kamu kalau mengetik nama kota di Indonesia, kata saran yang muncul hampir selalu berkaitan dengan yang negatif. Sutradara kondang Joko Anwar lewat akun Twitter-nya pernah mencoba untuk mengetikkan kata kunci Warga Jakarta di Google. Ia lalu dibuat heran dengan kata saran yang muncul.

suggestions warga jakarta © Twitter

foto: Twitter/@jokoanwar

Oleh karena Joko Anwar tak menyertakan foto pencariannya, warganet pun mencoba membuktikan kebingungan dari penulis skenario dan juga produser film kenamaan ini. Ternyata begini kata saran yang keluar jika kamu mengetik Warga Jakarta di Google.

suggestions warga jakarta © Twitter

foto: Twitter/@ndorokakung

Tak hanya Jakarta saja, ternyata kota-kota lain yang ada di Indonesia jika diketikkan di Google juga demikian hasilnya. Kata saran yang muncul banyak yang berkaitan dengan hal-hal negatif. Seperti saat akun @mouldie_sp mencoba mengetikkan kata kunci warga Bekasi. Kata yang muncul malah warga Bekasi dibegal dan warga Bekasi dibakar.

suggestions warga jakarta © Twitter

foto: Twitter/@mouldie_sp

Beda lagi saat akun @dhmsanggara mencoba mengetik warga Bogor. Kata saran yang muncul semuanya berkaitan dengan warga Bogor yang keracunan tutut atau keong sawah. Sementara akun @bratasurya temukan hal-hal mistis ketika mengetik warga Kalimantan di Google.

suggestions warga jakarta © Twitter

foto: Twitter/@dhmsanggara & @bratasurya

Wah, kok bisa gitu ya? Yuk mulai sekarang sering-sering ketik kata positif di Google. Supaya nanti kalau kamu mencari sesuatu, kata saran yang keluar juga bakal positif semua.