Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan Joko Anwar? Joko Anwar adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser berbakat Indonesia. Kariernya dimulai saat ia mewawancarai Nia Dinata untuk The Jakarta Post, yang membuat produser dan sutradara film itu sangat terkesan dengan Joko lalu mengajaknya untuk menulis proyek filmnya yang kemudian dikenal dengan judul Arisan! (2003).

Film tersebut mendapat sukses yang luar biasa baik secara komersial maupun pujian dari para kritikus dan memenangkan beberapa penghargaan di dalam dan luar negeri termasuk 'Film Terbaik' di Festival Film Indonesia pada tahun 2004 and 'Best Movie' di MTV Indonesia Movie Awards pada tahun 2004.

Joko lalu menyutradarai film pertamanya, sebuah komedi romantis berjudul Janji Joni (Joni's Promise) pada tahun 2005, yang ia tulis saat ia masih duduk di bangku kuliah pada tahun 1998. Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Mariana Renata ini merupakan salah satu peraih box office terbesar pada tahun itu dan memenangkan 'Best Movie' di MTV Indonesia Movie Awards tahun 2005.

Tak melulu film drama romantis, film-film di tahun-tahun berikutnya yang ia garap beberapa ada yang bergenre horor yang pun juga laris dan menuai banyak penghargaan. Baru-baru ini, ia telah menggarap film terbarunya yang berjudul Pengabdi Setan yang rencananya akan tayang pada 28 September 2017.

Tapi tahukah kamu? Selain Pengabdi Setan, deretan film horor karya Joko Anwar ini rupanya layak untuk ditonton, lho. Apa saja? Intip langsung yuk, deretan karya film horornya selama ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/8):

Loading...

1. Modus Anomali.

Film Horor Joko Anwar © 2017 brilio.net

foto: lifelikepictures.com

Modus Anomali adalah film horor thriller yang dirilis pada tanggal 26 April 2012. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini dibintangi oleh Rio Dewanto dan Hannah Al Rasyid. Judul rilis internasional film ini adalah Ritual.

Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anak mereka di sebuah kabin di hutan dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu yang tak mereka undang. Sebelum dia itu menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu mendapati dirinya telah terpisah dari keluarganya.

2. Pintu Terlarang.

Film Horor Joko Anwar © 2017 brilio.net

foto: wikipedia.com

Pintu Terlarang atau The Forbidden Door merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Film ini dibintangi antara lain oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe.

Cerita film ini diadaptasi dari novel berjudul Pintu Terlarang, karangan Sekar Ayu Asmara. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini ditanggapi positif di dunia Internasional saat perilisannya di banyak festival.

3. Kala.

Film Horor Joko Anwar © 2017 brilio.net

foto: movfreak.blogspot.com

Kala adalah sebuah film horor Indonesia tahun 2007 yang disutradarai Joko Anwar dan dibintangi antara lain oleh Fachry Albar, Ario Bayu, Shanty, Fahrani, dan Tipi Jabrik.

Kala yang juga dikenal dengan judul lengkap 'Dead Time: Kala' adalah film Indonesia pertama yang bergaya film noir dan disebut-sebut para kritikus sebagai sebuah lompatan tinggi dalam sejarah perfilman Indonesia.

4. Fiksi.

Film Horor Joko Anwar © 2017 brilio.net

foto: wikipedia.com

Bukan sebagai sutradara, Joko Anwar bertindak sebagai penulis di film fiksi ini. Film yang dirilis pada tanggal 19 Juni 2008 ini disutradarai Mouly Surya.

Film ini dibintangi antara lain oleh Ladya Cheryl, Donny Alamsyah dan Kinaryosih. Isinya mengisahkan kehidupan di rumah susun di Jakarta yang diwarnai karakter-karakter unik, dilihat dari mata seorang perempuan penuh fantasi berkecenderungan psikopat yang sedang terobsesi oleh cinta dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkan cintanya tersebut, bahkan dengan menyakiti dan membunuh.