Brilio.net - Berkenalan dengan orang baru di media sosial memang menyenangkan. Namun sebaiknya jangan gampang percaya begitu saja. Apalagi kalau ujung-ujungnya orang itu minta duit kepada kamu tanpa alasan yang jelas. Pasalnya kasus penipuan online lewat media sosial marak terjadi belakangan ini.

Para penipu seakan tak pernah kehabisan akal buat menjebak setiap korban yang diincarnya. Mulai dari bikin akun palsu dengan memasang foto profil ganteng dan cantik sampai modus minjam uang dengan alasan yang bikin orang merasa kasihan. Satunya kasus yang dialami oleh seorang netizen Facebook ini. Akun tersebut menceritakan kasus penipuan via media online yang dialaminya lewat akun Facebook Cyber Crime pada Minggu (23/10).

Korban diketahui seorang tenaga kerja di Arab Saudi dan mengaku telah tertipu oleh akun perempuan dengan nama Dewi Utara. Setelah lama berkenalan, Dewi tak segan meminjam uang dengan alasan ibunya sedang sekarat di rumah sakit. Sementara itu pelaku yang bekerja di Hong Kong itu mengaku bahwa gajinya tak cukup sehingga meminta bantuan pinjaman pada korban sebesar Rp 40 juta.

Merasa kasihan, korban akhirnya bersedia meminjamkan uang namun dengan jumlah nominal yang berbeda, yakni Rp 12 juta. Si pelaku pun menyetujui, kemudian korban mentransfer uang. Tak disangka, setelah terjadi transaksi pelaku malah menghilang tak ada kabar. Korban akhirnya menyadari bahwa dirinya telah ditipu saat menemukan akun Facebook pelaku tak dapat ditemukan kembali.

Nah, lebih jelasnya simak saja percakapan antara si penipu dan korban berikut ini dikutip brilio.net, Rabu (26/10):

Loading...

1. Pelaku menagih janji.

percakapan orang baru kenal © 2016 brilio.net

2. "Tapi aku cuma bisa ngasih Rp 12 juta..."

percakapan orang baru kenal © 2016 brilio.net

3. Tak ada kabar nih si pelaku.

percakapan orang baru kenal © 2016 brilio.net

4. Saat dicari akun dengan nama Dewi Utara sudah tak bisa ditemukan.

percakapan orang baru kenal © 2016 brilio.net