Brilio.net - Sekarang ini tak perlu khawatir jika sedang berada di tempat asing yang belum pernah dituju sebelumnya. Pun ketika ingin menuju ke tempat yang belum mengerti arah jalannya. Karena masalah semua itu bisa teratasi dengan menggunakan GPS.

GPS memang memudahkan pengendara untuk mencari suatu tempat. Apalagi sekarang di tiap ponsel pintar pasti disediakan aplikasi petunjuk jalan. Alat ini menunjukkan jalan sampai ke tempat tujuan, bahkan bisa menghindari jalanan yang padat sehingga tidak terkena macet saat di perjalanan.

Tapi siapa sangka kalau kamu percaya 100% pada aplikasi tersebut ternyata bisa menyesatkanmu. Alih-alih sampai ke tempat tujuan, tapi yang ada malah nyasar entah di mana.

Berikut ini kisah 7 orang nyasar gara-gara ngikutin panduan aplikasi peta yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/12).


1. Niat menuju Dieng malah nyasar di tengah hutan.

nyasar gps berbagai sumber
foto: tribatanews.com

Wisatawan asal Yogyakarta bernama Zain Johansyah berniat liburan ke daerah wisata Dieng, Jawa Tengah. Pada waktu malam ia menggunakan aplikasi peta pada ponsel pintarnya. Namun ketika diikuti bukannya sampai ke Dieng, namun malah nyasar ke hutan yang ada di Desa Sitiharjo Kecamatan Garung. Bahkan ban mobilnya mengalami selip dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.


2. Mobil mewah nyasar di jalan kecil atas kali.

nyasar gps berbagai sumber
foto: Facebook/Ahizzat

Mobil MPV premium ini nyasar setelah mengikuti aplikasi peta pada ponsel pintarnya. Karena terlalu percaya sang pengemudi mengikuti panduan yang diberikan aplikasi meski melewati jalan kecil. Petualangannya berakhir ketika ban mobilnya anjlok dari jalan kecil di atas kali hingga mobilnya tak bisa meneruskan perjalanan kembali.


3. Ingin ke tebing terkenal di Norwegia, sampainya di desa.

nyasar gps berbagai sumber
foto: visitnorway.com

Tebing Preikestolen merupakan tempat wisata populer di Norwegia. Banyak turis asing yang ingin mengabadikan momen mereka di situ. Namun karena kesalahan pada aplikasi peta, para wisatawan asing malah disasarkan ke sebuah desa kecil yang berjarak 32 kilometer dari tebing tersebut.


4. Tentara Israel nyasar di pengungsian warga Palestina.

nyasar gps berbagai sumber
foto: timesofisrael.com

Aplikasi penunjuk jalan ternyata juga bisa menipu tentara Israel. Diketahui ada dua tentara Israel yang sedang berpatroli menggunakan sebuah aplikasi peta sebagai alat bantu navigasi. Secara tak sengaja, mereka malah diarahkan ke perbatasan Israel-Palestina kemudian sampai pada tempat pengungsi warga Palestina.


5. Mobil masuk ke tengah sungai.

nyasar gps berbagai sumber
foto: weibo.com

Pada April 2017 polisi Anhui, China menerima laporan dari pengemudi yang mengatakan mobilnya terjebak di tengah-tengah sungai. Setelah didatangi ternyata pengemudi tersebut tersesat setelah mengikuti arah dari GPS yang terpasang pada mobilnya.


6. Nyemplung ke sebuah teluk.

nyasar gps berbagai sumber
foto: Facebook/TheTobermoryPressInc

Pengemudi perempuan bernama Katrina Rubinstein-Gilbert sedang mengikuti arah GPS ketika suasana jalanan sedang buruk. Minimnya penerangan serta terbatasnya jarak pandang membuat ia tidak dapat melihat jalanan dengan baik.

Tiba-tiba mobilnya masuk ke pinggiran teluk di Ontario, Kanada. Beruntung mobilnya tidak langsung tenggelam, sehingga penumpang masih sempat untuk menyelamatkan diri.


7. Mau nonton pertandingan Piala Eropa di Prancis malah nyasar ke Belgia.

nyasar gps berbagai sumber
foto: itv.com

Keluarga asal Wales ini berencana untuk menonton salah satu pertandingan Piala Eropa 2016 di Prancis. Karena bukan warga setempat maka Ian dan Helen Williams mengandalkan kecanggihan GPS untuk menunjukkan jalan.

Ketika meminta untuk diarahkan ke kota Lille, GPS malah mengarahkan mereka ke kota kecil bernama sama namun terletak di negara Belgia. Mereka harus menempuh jarak 200km untuk putar balik ke Prancis lagi.