Brilio.net - Ada kabar buruk buat kamu yang suka berlama-lama menghabiskan waktunya untuk bobok di siang hari. Meski nyaman, menurut penelitian yang di presentasikan di sebuah Kongres Ilmu Pengetahuan, Sabtu (17/9), orang yang suka tidur di siang hari lebih berisiko terkena penyakit Diabetes Militus atau penyakit gula.

Dalam penelitian tersebut ditemukan penyakit diabetes tipe dua bisa lebih cepat berkembang pada orang yang tidur lebih dari satu jam di siang hari daripada orang yang kegemukan atau orang dengan gaya hidup nggak sehat. Level gula darah yang tidak bekerja secara normal pada tubuh manusia yang menyebabkan diabetes ini. Hati-hati juga sebab penyakit hati, kerusakan saraf hingga kebutaan dapat diakibatkan dari diabetes bila tidak segera ditangani.

Tidur Diabetes © 2016 brilio.net

Yamada Tomahide dan rekan dari Universitas Tokyo, Jepang telah melakukan meta analisis kepada 300 ribu sampel di berbagai negara. Hasilnya menyatakan diabetes yang menimpa orang yang tidur siang lebih dari satu jam tak terjadi terhadap orang yang tidur siang kurang dari 40 menit.

Peneliti dari Unit Epidemiologi Kanker dari University of Oxford, Inggris, Benjamin Cairns dan Ahli penyakit metabolik Naveed Sattar juga mendukung penelitian tersebut.

"Tidur siang yang lama bisa benar-benar jadi penyebab diabetes dan penyakit-penyakit lainnya jika," terangnya.