Brilio.net - Baru-baru ini, fitur terbaru di Instagram kembali nge-hits dan ramai dicoba penggunanya. Fitur tersebut bernama Add Yours. Konsep dari Add Yours ini sebenarnya cukup simpel, pengguna bisa membagikan stiker dan melihat siapa yang meresponsnya di Instagram Story.

Akan ada stiker Add Yours yang berisi pertanyaan tantangan dan para pengguna bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Pertanyaannya pun terbilang random, mulai dari makanan kesukaan, lagu yang sering didengar, tempat yang ingin dikunjungi, dan lain sebagainya.

Namun di balik fitur yang interaktif ini, rupanya ada saja oknum yang memanfaatkannya dengan hal buruk seperti penipuan. Dilansir brilio.net dari unggahan Dita Moechtar di akun Twitter @ditamoechtar_ pada Rabu (24/11), wanita ini pun membeberkan kisah salah seorang temannya yang menjadi korban penipuan akibat fitur Add Yours.

 fitur Add Yours di Instagram celah penipuan © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Twitter/@ditamoechtar_

"Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia 'pim'. 'Pim' adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini (Add Yours)," tulis Dita.

Terdapat foto tangkapan layar dimana temannya menjawab stiker Add Yours dan menyebut variasi panggilan nama. Si penipu rupanya memanfaatkan informasi soal nama kecil ini untuk memberikan rasa kepercayaan pada korban. Alhasil teman Dita tadi mengirimkan uang sekitar Rp 35 juta kepada penipu, karena percaya bahwa ia adalah keluarga yang mengenalnya sejak kecil.

"Dia tertipu sampai 35 juta, karena dia pikir itu kakak dari ibunya," lanjut Dita.

Memang tidak ada salahnya menggunakan fitur terbaru di Instagram, namun beberapa pertanyaan di stiker Add Yours ini patut diwaspadai jika dinilai bisa membocorkan data pribadi secara tidak sadar. Salah seorang warganet lainnya bahkan mengunggah challenge di stiker Add Yours yang isinya pertanyaan soal nama ibu kandung, tempat tanggal lahir, selfie dengan KTP, hingga alamat rumah.

 fitur Add Yours di Instagram celah penipuan © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@tacendamry

Hingga berita ini ditulis, postingan Twitter dari @ditamoechtar_ sejak 23 November ini pun sudah disukai oleh 93 ribu pengguna dan di-retweet sebanyak 35 ribu. Warganet pun ramai membalas postingan ini dengan beragam komentar.

"Nah itu dia makanya harus pilih pilih juga challenge-nya karena semua orang bisa liat (kecuali kalo di private/close friend only)," komentar akun @rissastellar.

"Gue rasa nih netijen klo lg hye ditanyain nama emaknya jg dikasih tau," ungkap akun @brospore.

"Hati-hati guys, jgn asal ikut challenge, bisa jadi itu celah buat orang jahat yg mau jahatin kalian," imbuh akun @loquaciouspals.

(brl/lin)