Brilio.net - Kemajuan teknologi memang menawarkan banyak kemudahan, salah satunya dalam berkomunikasi dan bertransaksi. Namun kemajuan tersebut harus dibarengi dengan kemajuan pola pikir penggunanya. Pasalnya jika abai, bukan tidak mungkin kamu jadi korban penipuan.

Sebab, orang tak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan ini memiliki modus yang beragam dan canggih. Salah satunya seperti yang dialami salah seorang netizen Ana Soesanti. Gadis belia ini menjadi korban kasus penipuan jual beli pulsa murah.

Ana menuturkan kejadian ini bermula saat dirinya pada Senin (15/2), tertarik pada promosi penjualan pulsa murah. Melalui  blackberry messenger, Ana pun menghubungi penjual pulsa murah tersebut. Tak mau terkena tipu dengan orang yang belum dikenalnya, Ana meminta penjual mengirim KTP orang itu.

"Saya mengirim uang Rp 800.000, namun saldo pulsanya tidak bisa diproses. Setelah saya perhatikan foto KTP yang penipu itu kirimkan ternyata KTP palsu yang dibuat sendiri," ujar Ana melalui akun facebooknya, Selasa (16/2).

KTP palsu yang dikirim penipu ke calon korbannya

Loading...

Awas! Modus baru penipuan ini memakan banyak korban di media sosial

Sekilas memang KTP tersebut mirip asli dengan data yang lengkap, namun jika diperhatikan lagi, foto di KTP terlihat aneh karena posisinya yang tak wajar. Badannya miring dan tak menghadap ke kamera.

Ana baru menyadari dirinya telah kehilangan uang senilai setengah juta lebih tersebut. Dia tak ingin ada korban lain dengan modus foto KTP palsu itu. Ia mengimbau rekan-rekannya di media sosial agar waspada terhadap berbagai bentuk penawaran.