Brilio.net - Banyak orang melakukan tindakan tanpa tahu alasannya. Mereka hanya mengikuti apa yang menjadi kebiasaan masyarakat di sekelilingnya. Hal ini kerap dilakukan karena banyak orang takut dianggap aneh oleh lingkungannya.

Padahal dengan akal yang dimiliki manusia, seharusnya bisa digunakan untuk mencari alasan orang melakukan sebuah tindakan. Terlebih lagi jika tindakan tersebut merupakan hal yang aneh dan tidak masuk akal. Tentu sebelum ikut-ikutan melakukannya, kamu dituntut untuk menggali alasan dan informasi yang melandasi tindakan tersebut.

Potret seperti ini ditunjukkan dalam sebuah video yang diunggah akun Anymouse, Rabu (31/9). Video tersebut menujukkan eksperimen sosial di mana seorang gadis datang ke klinik kesehatan, yang sudah dipenuhi oleh pasien lain di kursi tunggu. Mereka adalah talent dan diminta untuk selalu berdiri tatkala bel bunyi.

Pemeran pasien di ruang tunggu

kebodohan menular © 2016 brilio.net

Loading...

Kemudian datang seorang gadis yang ikut mengantre di kursi tunggu pasien. Melihat sekelilingnya berdiri saat bel bunyi, gadis yang mengenakan kaus ungu ini awalnya tak mau berdiri. Namun lama-kelamaan, karena takut dianggap aneh oleh lingkungannya, gadis itu ikut berdiri tanpa bertanya alasan harus ikut melakukannya.

Gadis yang awalnya tidak berdiri ikut berdiri

kebodohan menular © 2016 brilio.net

kebodohan menular © 2016 brilio.net

Lucunya lagi, setelah pemeran pasien di ruang tunggu tersebut sudah tidak ada. Gadis yang seorang diri di ruangan tersebut masih saja berdiri saat bel panggilan dibunyikan. Bahkan saat ada pasien sungguhan (bukan pemeran), para pasien ini mengikuti kebiasaan gadis tersebut dengan berdiri saat ada bunyi bel. Lagi-lagi para pasien ini tak bertanya kepada si gadis alasan melakukan tindakan aneh itu.

Pasien yang bukan pemeran ikut menirukan tindakan si gadis tanpa mencari tahu alasannya

kebodohan menular © 2016 brilio.net

Video bedurasi 3 menitan ini kemudian viral di media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan dari manusia melakukan kebiasaan yang terjadi di lingkungannya, tanpa tahu alasan dan dasarnya. Hal ini dianalogikan oleh pengunggah bahwa kebanyakan orang itu seperti domba, yang hanya melakukan apa yang dilihat gerombolannya, tanpa berpikir dan mencari alasan dengan akal yang dimilikinya. Sehingga bisa jadi benar, kenapa ada istilah bahwa kebodohan itu menular.

Simak video lengkapnya berikut ini: