Brilio.net - Kuburan atau makam menjadi tempat peristirahatan terakhir ketika manusia sudah meninggal. Sakral, tempat ini menuntut setiap orang untuk menjaga kesopanan. Saat hendak ziarah, usahakan untuk mematuhi peraturan tertulis dan tak tertulis agar tidak menyinggung hati relasi atau keluarga yang orang terdekatnya dimakamkan di lokasi tersebut.

Sayangnya, banyak kuburan atau makam yang dilecehkan. Seringkali, kuburan yang tidak terjaga digunakan sebagai tempat mesum atau melakukan tindakan tak terpuji. Pelaku masih ngeyel juga walaupun sudah tahu bahwa lokasi tersebut adalah pemakaman.

Belakangan viral, ternyata banyak kelakuan yang bikin kesal dilakukan di pemakaman. Dari motocross sampai melecehkan makam adat, perilaku deretan orang ini tak pantas untuk ditiru. Perilaku ini juga mendapat kecaman banyak pihak seperti dari warganet.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (28/7) yuk kita simak selengkapnya.

1. Seorang remaja bermain sepeda motor di atas kuburan.

Loading...
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bukan Akun Haters / Fanbase (@lambe_turah) on

Video berdurasi 23 detik ini menggambarkan remaja yang tengah menaiki sepeda motor di atas kuburan. Laiknya arena motocross, kuburan tersebut dijadikan lintasan oleh remaja tersebut. Tak sopan, remaja tersebut sudah diamankan warga sekitar dan akhirnya meminta maaf atas kejadian tersebut. "Tidak ada tuntutan hukum. Kedua remaja itu sudah minta maaf," ungkap AKP Endy Purwanto dari Polsek Grati dilansir brilio.net dari Merdeka.

2. Wisatawan mainkan tengkorak dan tulang di makam leluhur Toraja.

foto: Pixabay

Bukan kuburan sembarangan, lokasi yang dilecehkan oleh kedua wisatawan ini adalah makam leluhur Toraja. Masyarakat ini memang memiliki prosesi pemakaman yang unik hingga mengundang wisatawan dari seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara. Kedua wisatawan ini melecehkan makam tersebut dengan bermain dengan tengkorak dan mengunggahnya di media sosial.

Dilansir brilio.net dari Liputan6, kedua wisatawan tersebut akhirnya membayar denda adat dengan mengorbankan seekor babi senilai Rp 2,5 juta. "Kami sangat meminta maaf atas perilaku kami, kami tidak akan membuat kesalahan yang beberapa saat lalu kami lakukan. Untuk itu, kami berdua meminta maaf atas kesalahan kami perbuat. Kami juga akan menerima denda adat yang diberikan kepada kami," kata wisatawan tersebut.

3. Mengadakan hajatan di atas makam.

Dilansir dari media sosial, beredar foto-foto sebuah hajatan yang diselengarakan di atas kuburan. Tampak penyanyi tersebut berdiri di atas panggung dan pengunjung menikmati acara tersebut sambil duduk-duduk di atas makam. Masih belum diketahui secara pasti hingga sekarang kapan dan di mana kejadian ini berlangsung.

4. Kesal tak dicoblos, caleg bongkar 4 makam.

foto: Liputan6.com

Pemilu kemarin menyisakan perpecahan di masyarakat. Empat makam yang berada di Kelurahan Patte'ne, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan terpaksa dibongkar karena perselisihan dengan keluarga pemilik makam dengan seorang caleg.

Dilansir Brilio.net dari Liputan6, akar permasalahan tersebut karena keluarga pemilik makam tidak memilih caleg tersebut dalam pemilu kemarin. "Memang itu tanah miliknya. Dia tidak terima karena keluarga saya beda pilihan caleg," jelas Rusli keluarga pemilik empat makam tersebut. Tidak menemui jalan terang, akhirnya keempat makam tersebut dibongkar dan dipindahkan ke tempat lain.