Brilio.net - Ada tahapan-tahapan untuk mengurus jenazah orang meninggal. Langkah-langkahnya telah diatur sesuai budaya ataupun agama yang dipercaya. Sebab tiap budaya dan agama punya cara tersendiri dalam mengurus jenazah.

Salah satu tahapan yang harus dilakukan segera terhadap jenazah adalah memandikan jasadnya.  Langkah ini banyak dipakai di berbagai budaya dan agama. Alasannya tentu saja untuk mensucikan jasad dari kotoran-kotoran baik dari luar maupun di dalam tubuh sebelum dimakamkan.

Dari India, masyarakat masih memiliki kebiasaan turun temurun untuk memandikan jenazah.  Jasad orang yang meninggal akan dimandikan. Namun hal mengejutkan terjadi kepada pria bernama Budh Ram. Pria ini telah dinyatakan meninggal dunia. Pihak kerabat akhirnya memandikan jasadnya kendati demikian jasad Budh Ram tiba-tiba menggigil saat dimandikan.

Kakek berusia 95 tahun tersebut sebelumnya pingsan di rumahnya, Rajasthan, India. Setelah dilarikan ke rumah sakit, akhirnya Ram dinyatakan meninggal dunia oleh sang dokter.

dimandikan menggigil © thesun.co.uk

Loading...

foto: thesun.co.uk

Akhirnya para kerabat dan keluarga berkumpul di rumah duka. Beberapa anggota keluarga laki-laki juga sudah menggundulkan kepala Budh Ram sebagai bagian dari upacara kematian.

Dilansir brilio.net dari laman thesun pada Senin (12/11), anak sulungnya, Balu Ram, mengatakan pihak keluarga saat itu telah bersiap untuk memandikan jenazah ayahnya. Kemudian dilakukanlah ritual tersebut.

Sementara itu, pihak keluarga terkejut ketika air diguyurkan ke badan Ram. Balu Ram yang tadinya dinyatakan meninggal tiba-tiba terbangun karena merasa menggigil kedinginan. Sontak saja ini mengagetkan seluruh kerabat dan keluarga yang berkumpul.

Mendapati ayahnya masih hidup, akhirnya sang anak dibantu dengan keluarga lainnya membawa masuk ke dalam rumah. Di sana Ram bernapas normal seperti biasanya. Ram kemudian mengumumkan kepada keluarga besarnya yang awalnya berduka itu kalau dia hanya 'tidur sebentar' karena sakit dada.