×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Diduga bunuh diri, ini 5 kisah pilot tewas dalam penerbangan

View Image

0

BRILIO » Duh

Diduga bunuh diri, ini 5 kisah pilot tewas dalam penerbangan

gambar ilustrasi: merdeka.com

Mereka juga ternyata memiliki masalah psikis tertentu.

03 / 03 / 2018

Brilio.net - Setiap penerbangan pesawat memiliki kru kabin seperti pilot, co-pilot, pramugara dan pramugari untuk mengawasi penerbangan tersebut. Jika kamu pergi dengan pesawat terbang, pasti kamu sudah tidak asing dengan sambutan mereka ketika menaiki pesawat.

Pesawat yang kita naiki juga terdiri dari kelas yang berbeda-beda, mulai dari ekonomi, bisnis, eksekutif hingga first class dengan pelayanan kelas atas yang sangat mewah. Dan kategori pilot yang menerbangkan pesawat ini juga memiliki jam terbang yang berbeda-beda.

Mulai dari pilot senior hingga pilot dengan jam terbang domestik, semuanya memiliki kualifikasi tersendiri sesuai maskapai di mana tempat mereka bekerja. Pilot adalah kunci dari kendali setiap pesawat yang melaju ke daerah tujuan, bagaimana jika seorang pilot memiliki gangguan kejiwaan dan membahayakan penumpang?

Dikutip dari Brilio.net, Jumat (2/3) dari berbagai sumber media, ini adalah rangkuman tentang pilot yang lalai dalam melakukan tugasnya yang berakhir fatal. Tidak hanya membahayakan, pilot tersebut juga membuat seluruh penumpang tewas dalam penerbangan. Simak selengkapnya di kasus pilot bunuh diri yang sudah dirangkum sebagai berikut.

1. Pesawat Silk Air jatuh ke Sungai Musi.

Loading...

5 kasus pilot  © 2018 brilio.net

Terbang dari bandara Soekarno Hatta menuju Singapura, seluruh penumpang dan awak kabin tewas dalam penerbangan ini. Melalui tim penyidik Amerika Serikat, diduga pilot sengaja menukikkan badan pesawat secara vertikal hingga langsung menghantam sungai Musi. Pilot pun mematikan 2 alat perekam di ruang kendali, diketahui pilot sendiri mengalami stres karena kerugian di pasar saham.

2. Penerbangan Germanwings 9525.

Pilot pesawat bunuh diri © 2018 brilio.net

Pada 24 Maret 2015 lalu, pesawat Germanwings jatuh di pegunungan Alpen. Pesawat dengan sengaja diterbangkan kopilot melalui pegunungan Alpen, sekitar 150 orang tewas dalam kecelakaan ini. Andreas Lubitz kopilot penerbangan ini dengan sengaja mengunci dirinya di ruang kokpit dan mengubah ketinggian pesawat. Tim penyidik pun mendapatkan bahwa Lubitz pernah browsing tentang hal yang menyangkut bunuh diri.

3. Japan Airlines Penerbangan 350.

Pilot pesawat bunuh diri © 2018 brilio.net

Di tahun 1982, seorang pilot bernama Seiki Katagiri sengaja menurunkan ketinggian pesawat dan sempat terlibat perkelahian dengan kopilot dan teknisi di ruang kokpit. Ternyata, Katagiri tidak mendapat surat izin menerbangkan melalui rumah sakit yang ia konsultasikan, ia terkena gangguan psikis dan sengaja menjatuhkan pesawat ke teluk Tokyo.

4. Malaysia Airlines MH370.

5 kasus pilot  © 2018 brilio.net

Pesawat rute Kuala Lumpur - Beijing ini menghilang dan tim penyidik menafsirkan pesawat ini jatuh di Samudera Hindia. Setelah ditelusuri ulang, saat sistem kontrol udara dimatikan pada pukul berselangnya hilang kontak pesawat tersebut dengan bandara. Pihak penyidik tidak menutup kemungkinan bahwa pesawat sengaja dijatuhkan oleh sang pilot. Beberapa spekulasi muncul setelah sang pilot ternyata berpisah dengan sang istri dan divonis kecewa sangat berat hingga ia melakukan hal ini.

5. Pesawat Aeroflot Antonov 2.

5 kasus pilot  © 2018 brilio.net

Pada 26 September 1976, seorang pilot Rusia menerbangkan pesawat tanpa izin untuk membalas dendam ke mantan istrinya. Ia menabrakkan pesawatnya ke apartemen tempat istrinya tersebut tinggal. 11 dari penghuni apartemen pun tewas tanpa ada korban bernama mantan istrinya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    13%

  • Sedih

    13%

  • Marah

    38%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more