Kondisi makanan tidak bergizi ini lah yang diterima oleh salah seorang narapidana. Kisahnya bisa dilihat lewat sebuah postingan TikTok di akun @rizky_syahputra82. Berbagai foto yang dia bagikan itu menunjukkan betapa tidak layaknya makanan di lapas tempatnya ditahan.

makanan penjara © TikTok

makanan penjara
TikTok/@rizky_syahputra82

Pada awal postingan memperlihatkan satu porsi nasi di sebuah wadah. Dari ukuran nasinya tidak ada masalah dan memang porsi normal. Namun lauknya malah bikin prihatin, cuma ada ikan kecil yang mungkin hanya ada dua ekor. Selain itu sayurnya pun tidak sampai satu sendok.

makanan penjara © TikTok

makanan penjara
TikTok/@rizky_syahputra82

Begitu juga dengan postingan selanjutnya, lauk tidak pernah balance dengan porsi nasi yang diberikan. Salah satu fotonya menunjukkan juga betapa tidak layak telur yang diberikan. Sudah pecah dengan kulit telur yang kotor.

"Wahai petinggi, di atas segalanya, kami tidak minta makanan yang mewah, tapi manusia kan lah kami, sebagai warga binaan di penjara," tulisnya di caption.

"Kami memang orang-orang bersalah, tapi tidak pantas diperlakukan seperti binatang di dalam penjara, yang diberi makan tidak layak, mohon maaf diberi kucing pun belum tentu kucing tersebut mau makan," lanjutnya.

makanan penjara © TikTok

makanan penjara
TikTok/@rizky_syahputra82

Postingannya ini pun viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang turut bersedih terhadap perlakuan otoritas lembaga pemasyarakatan terhadap narapidana tersebut. Namun, disamping itu, ada juga yang malah menyoroti bagaimana mungkin di lapas bisa membawa hp untuk memotret dan membuat postingan.

"Ya allah nangis sejadi-jadinya. Keinget sodara atau kaka kandung aku sendiri ada di sana. Selepas kesalahan mereka tapi melihat ini perih banget," tulis akun @evimua2608

"Tau kok mereka bersalah tapi setidaknya memanusiakan manusia tidaklah salah. Bukan terlepas mereka pernah berbuat salah," kata akun@vivirantika3

"Kalau makanannya layak namanya warung makan padang bang bukan penjara," komentar nyinyir dari akun @sebait_lirik

"Kok bisa bawa HP," tulis akun @ruang.kelana mempertanyakan

"Bayar bang, temenku 150k perbulan," jawab @gagalpahham merespon pertanyaan @ruang.kelana

makanan penjara © TikTok

makanan penjara
TikTok/@rizky_syahputra82

Dari postingan tersebut diunggah hingga artikel ini ditulis, akun @rizky_syahputra82 sudah menghimpun 3.8 juta penonton. Selain itu terdapat juga 117.400 akun yang memberi like dan 7179 komentar.