Brilio.net - Sebagai pengguna motor, kamu pasti pernah punya pengalaman ban motormu harus dilepas dan dibongkar. Biasanya, alasan paling sederhana buat lepas ban adalah karena ban dalamnya bocor. Semua orang yang pakai motor pasti lah pernah mengalami kesialan ini.

Persoalannya adalah melepas dan membongkar ban ini bukan perkara yang sederhana. Buat montir atau tukang tambal ban yang ahli sih kelihatannya sederhana. Tinggal sat-set, ban tiba-tiba sudah lepas dari velg. Namun, ada juga proses melepas ban yang bikin pemilik motor ngilu dan melongo.

Contohnya seperti yang diperlihatkan video unggahan akun @ag.gemilang, dilansir brilio.net pada Kamis (28/12). Dalam videonya, pengunggah memperlihatkan ban motor milik @ag.gemilang yang bannya hendak dilepas dari velg. Problemnya, cara melepas ban itu kasar minta ampun.

Cara kasar lepas ban © TikTok

foto: TikTok/@ag.gemilang

Sebenarnya, cara tukang bengkel melepas ban tersebut biasa dilakukan oleh montir lainnya. Ia menggunakan dua cukil besi, satunya buat dimasukkan ke sela ban dan velg, satunya lagi dipakai untuk mencongkel ban. Hanya saja, caranya itu terbilang kasar buat velg motor yang masih terlihat kinclong.