Brilio.net - Pasca dirilisnya iPhone 7 pada beberapa hari lalu, banyak orang tak sabar menjajal fitur terbaru yang tersemat pada produk besutan Apple tersebut. Imbasnya, euforia itu dimanfaatkan sejumlah pihak untuk meraup keuntungan pribadi dengan cara-cara ilegal.

Baru-baru ini petugas bea cukai kota Shenzen, provinsi Guangdong, China berhasil menggagalkan berbagai macam penyelundupan iPhone 7 yang melibatkan lebih dari 60 orang dari perbatasan Hong Kong. Menurut People's Daily, aksi ilegal itu terjadi satu hari setelah iPhone 7 resmi beredar di pasar China.

Aksi penyelundupan itu sebenarnya sudah diantisipasi petugas bea cukai. Pada pukul 01.00 dini hari pada Jumat (16/9), petugas menangkap seorang penyelundup yang menyembunyikan lima iPhone di badannya. Di siang harinya, sekelompok penyelundup yang terdiri dari 10 orang juga tertangkap tangan membawa 44 iPhone7s yang disembunyikan di pinggang dan kaki.

Secara keseluruhan, nilai total ponsel yang diselundupkan mencapai 3 juta Yuan atau setara Rp 6 miliar dalam sehari. Dilansir brilio.net dari shanghaiist, Senin (19/9), pihak otoritas setempat sebenarnya sudah mengumumkan pembatasan ketat. Setiap orang yang masuk perbatasan China-Hong Kong hanya dibolehkan membawa satu buah iPhone 7. Jika tidak, sisanya akan dikenakan pajak iPhone sebesar 15%.

Nah, berikut foto-foto aksi tangkat tangan penyelundupan iPhone 7s di Shenzen, China:

Loading...

1. Barang bukti yang diamankan petugas.

Penyelundupan iPhone 7s © 2016 brilio.net / People's Daily

2. iPhone 7s hasil selundupan yang digagalkan petugas bea cukai Shenzen.

Penyelundupan iPhone 7s © 2016 brilio.net / People's Daily

3. Beginilah cara pelaku menyelundupkan iPhone 7s dari Hong Kong.

Penyelundupan iPhone 7s © 2016 brilio.net / People's Daily

4. Dilakukan dengan berbagai cara demi mendapatkan keuntungan berlipat.

Penyelundupan iPhone 7s © 2016 brilio.net / People's Daily