Brilio.net - Biaya hidup adalah salah satu ukuran seseorang mengeluarkan anggaran dana untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Di setiap kota di Indonesia, biaya hidup punya nilai yang berbeda-beda. Ada kota yang terkenal dengan biaya hidupnya yang murah, namun ada pula yang punya biaya hidup terlampau mahal.

Semuanya tentu sudah ditentukan berdasarkan rata-rata pendapatan yang ada pada kota tersebut. DKI Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan biaya hidup tinggi. Bukan tanpa sebab, kota yang masih jadi ibukota Indonesia ini memang jadi sentra ekonomi. Selain itu, Jakarta juga jadi salah satu kota dengan UMP tertinggi di Indonesia, yakni Rp 4,9 juta dan naik menjadi Rp 5,067,381 pada 2024 mendatang.

Nyatanya, ada kota yang punya biaya hidup lebih mahal dibanding Jakarta, lho, yakni Provinsi Kalimantan Timur. Baru-baru media sosial menyoroti curahan hati pengguna TikTok dengan akun TikTok @cemalcemilbogor. Unggahan tersebut membagikan cerita betapa mahalnya biaya hidup di IKN (Ibu Kota Nusantara).

penampakan hunian sewa di IKN TikTok

foto: TikTok/@cemalcemilbogor

Cerita tersebut dibagikan ketika dirinya bekerja di proyek ibu kota baru yang diberi nama IKN di Provinsi Kalimantan Timur. Unggahannya dimulai dengan pernyataannya yang mengungkapkan jika biaya hidup di IKN ternyata lebih mahal dari Jakarta.

Ternyata biaya hidup disana lebih mahal dari Jakarta,” tulisnya pada keterangan salah satu foto unggahannya, dikutip brilio.net pada Rabu (26/12).