Brilio.net - Setiap sekolah memiliki ruangan Bimbingan dan Konseling (BK). Berbeda dengan ruangan pada umumnya, ruang BK ini memiliki tujuan dan fungsinya tersendiri. Tujuan adanya ruang BK merupakan sebuah wadah bagi siswa untuk mengembangkan dirinya secara maksimal dan sesuai dengan potensi masing. Sementara itu, ruang BK berfungsi sebagai pemahaman, pengembangan, fasilitas, dan preventif atau tempat bagi siswa yang mengalami masalah tertentu.

Di sisi lain, bagi sejumlah siswa ruang BK memiliki konotasi yang berbeda-beda. Walaupun begitu BK memiliki peran paling penting di sebuah sekolahan. Pasalnya, BK dapat memberikan peranan dalam pengembangan siswa di sekolah.

Sebagian siswa enggan untuk masuk ke ruangan BK. Pasalnya, ruangan BK sering digunakan untuk menghukum siswa yang masuk terlambat, membolos, hingga siswa yang tidak patuh aturan. 

Walaupun begitu, guru tetap memberikan nasihat yang cukup panjang. Namun, jika sikap siswa sudah keterlaluan guru memberikan sejumlah hukuman tambahan.

Tapi, hal tersebut berbeda dengan guru BK dalam video TikTok satu ini. Video yang diunggah oleh @musdalifahyasin, Selasa (4/10) lalu memperlihatkan perhatiannya kepada salah satu siswa yang menggunakan atribut sekolah tidak lengkap.

Momen siswa di panggil ke ruang BK Tiktok

foto: TikTok/@musdalifahyasin

Dalam video singkat berdurasi kurang dari satu menit itu menunjukan seorang siswa dan guru BK yang tengah berbincang. Siswa tersebut diketahui bernama Samsul, siswa di salah satu sekolah di Kabupaten Pinrang.

Diketahui, Samsul masuk ke ruang BK karena dirinya tidak menggunakan atribut sekolah lengkap. Ia tidak menggunakan sepatu saat pergi ke sekolah, melainkan hanya menggunakan sandal saja. Bahkan, celananya pun turut menjadi perhatian. Pasalnya, celana yang dikenakan oleh Samsul tersebut sudah sobek.

"Aku yg ngedit sambil nangis, kurekam diam diam. Kemudian setelah edit izin ke mereka untuk di UP. Banyak hal di ruang BK yg kadang bikin mewek kayak gini. Panjang umur org org baik," keterangan dalam video tersebut, dikutip brilio.net dari TikTok @musdalifahyasin.

Tentu, penampilan Samsul itu pun menarik perhatian guru BK. Hingga akhirnya ia dipanggil ke ruangan tersebut. Guru BK tersebut mengajak Samsul untuk bercerita.

Momen siswa di panggil ke ruang BK Tiktok

foto: TikTok/@musdalifahyasin

Siswa tersebut menceritakan bahwa sang ayah telah meninggal dunia. Setelah kepergian sang ayah tercinta, ia hanya hidup berdua dengan sang ibu.

"Dengar cerita hidupnya, guru BKnya langsung nangis. Salut karena tidak pernah nampakkan masalahnya di sekolah," ucapnya.

Mendengar cerita dari siswa tersebut membuat hati sang guru tergugah. Guru yang mengenakan kerudung cokelat itu berinisiatif untuk menjahitkan celana Samsul. Bahkan tidak hanya itu saja, Samsul juga diberi uang jajan oleh sang guru.

"Salut sama anak ini, dalam masalah hidupnya tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur," jelasnya.

Walaupun hidup dengan sederhana, hal tersebut tak mematahkan semangat Samsul untuk fokus pada pendidikannya. Samsul diketahui menjadi salah satu siswa berprestasi di sekolahnya. Bahkan, ia bisa berprestasi hingga tingkat nasional.

Momen siswa di panggil ke ruang BK Tiktok

Video yang diunggah tersebut tentunya menarik simpati para netizen. Sebagian besar netizen memuji sikap guru BK yang telah melimpahkan perhatiannya kepada siswanya.

"Aku pernah sakit sakitan di sekolah bolak balik UKS trus guru BK notice bgt klo aku knpa knpa, akhirnya dipanggil diajak ngbrol sama ibu itu," @Mita.

"Semangat dek, menjadi guru BK itu luar biasa," ujar @HasniiMeena.

"Andai guru BK ku SMA seperti ini,soalnya di sekolahku mau apapun keadaannya tetep harus rapih,dan kalo robek pun harus beli baru," ucap @Ryxyz.

"Inget aku dulu ya pernah dipanggil guru BK, Terima kasih sudah membuat lega hati ini..." tambah @omg.

@musdalifahyasin

Aku yg ngedit sambil nangis, kurekam diam diam. Kemudian setelah edit izin ke mereka untuk di UP. Banyak hal di ruang BK yg kadang bikin mewek kayak gini. Panjang umur org org baik.

Senyumlah - Andmesh