Brilio.net - Banjir memang menjadi tantangan besar bagi banyak kendaraan, baik motor maupun mobil. Jika tidak waspada dan nekat menerobos banjir, bisa-bisa mesin kendaraan jadi korbannya, mogok atau turun mesin. Kalau sudah begini maka biaya perbaikan pun tidak sedikit.

Namun ternyata ada beberapa orang yang nekat untuk menerjang banjir, bahkan air sampai masuk ke mesin kendaraan. Aksi ini pun viral di media sosial TikTok yang diunggah akun @yogibetter_11.

aksi mobil terjang banjir ini bikin melongo TikTok

foto: TikTok/@yogibetter_11

Dalam unggahan itu, tampak sebuha mobil dengan santai melintasi banjir yang tampak seperti sungai sangking tinggi dan derasnya air. Terlihat Saat melewati genangan, air lama-lama menutupi kap mesin, hingga menutupi grill. Tampaknya memang air sudah masuk ke bagian dalam mesin. Namun mobil masih bisa berjalan dengan baik.

Dilansir brilio.net dari siakapkeli.my, Kamis (7/10) Kepala Departemen Technical Support Distributor PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengungkapkan bahwa tindakan tersebut berisiko karena dapat menyebabkan air masuk melalui ventilasi udara dan masuk ke dalam mesin.

aksi mobil terjang banjir ini bikin melongo TikTok

foto: TikTok/@yogibetter_11

Pemasangan aksesoris seperti snorkel diperlukan saat melewati perairan dalam untuk menggantikan fungsi saluran udara standar guna melindungi mesin saat berkendara offroad.

"Snorkel diperlukan untuk offroad saat melewati daerah resapan air tinggi agar air tidak masuk ke dalam dan sekaligus menghindari water hammer," ujarnya.

Tampaknya memang, sebagus dan secanggih apapun mobil, dalam kondisi banjir tinggi seperti itu tidak bisa menerobos begitu saja. Udara yang masuk ke saluran snorkel langsung menuju filter udara dan disalurkan ke kompartemen mesin.

aksi mobil terjang banjir ini bikin melongo TikTok

foto: TikTok/@yogibetter_11

Bahkan Didi Ahadi sangat menyarankan agar tidak menerobos banjir yang tinggi. Karena berisiko besar terhadap keberlangsungan kendaraan. Benar saja, warganet yang menyaksikan video tersebut merasa khawatir. Bahkan mereka mengatakan tindakan itu kurang tepat.

"Sedang menunggu kabar turun mesin," kata @Akbalmaulana.

"Ini mobil apa kapal selam mas?" tanya @Muhammadirwanda.

"Jadi kapal dadakan," ujar @gaktausiapa.

"Itu airnya nggak masuk ke dalam kap kah?" tanya @suryaprakoso.

@yogibetter_11

banjir lagi boskuu ##fyp ##hilux @dickygustisetiaji @gigasi3 @verdyandwi123 @wahhyyuu20 @iyan_erlangga @juliantrianda ##fyp ##fypdongg ##fypviral ##t

suara asli - NandaYogiPratama

 

aksi mobil terjang banjir ini bikin melongo TikTok

foto: TikTok/@yogibetter_11

Dalam unggahan selanjutnya, tampak mobil sedang di service. Tidak diketahui apakah mobil rusak karena menerjang banjir atau hanya service biasa agar performa mobil tetap terjaga.