Brilio.net - Biasanya urusan Tuhan dan kepercayaan sudah pasti menjadi sesuatu yang sangat pribadi. Untuk itu hampir semua negara memisahkan urusan hukum dan aturan agama. Itu semua dikarenakan dua hal tersebut sangat rawan menimbulkan perpecahan bagi warganya.

Namun yang sangat aneh ada beberapa orang tak bertanggung jawab menggugat aturan agama maupun Tuhan di pengadilan. Alasan orang-orang ini bermacam-macam, tetapi biasanya disebabkan rasa kekecewaan terhadap hidup mereka yang tak sesuai harapan. Terdengar aneh memang tapi kasus gugatan terhadap Tuhan ini memang ada dan pernah disidangkan secara resmi.

Penasaran siapa saja yang berani menggugat Tuhan? Yuk simak 5 orang yang menggugat Tuhan secara hukum seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (11/10):

1. Ernie Chambers, Senator Amerika Serikat

orang yang menggugat Tuhan © 2016 brilio.net

foto: washingtontimes.com

Seorang senator Amerika Serikat, Ernie Chambers telah menggugat Tuhan. Ia menggugat Tuhan dengan tuduhan memberikan kesengsaraan dan musibah kepada warganya di Kota Omaha. Dalam gugatannya ia mempertanyakan keputusan Tuhan yang telah memberikan berbagai bencana di dunia, termasuk aksi terorisme, kemiskinan dan hal tak menyenangkan lainnya.

2. David Shoshan, pemuda biasa

orang yang menggugat Tuhan © 2016 brilio.net

foto: tori.ng

Seorang pemuda di Israel, David Shoshan membuat kehebohan dengan melaporkan Tuhan secara resmi ke Pengadilan Kota Haifa. Pemuda ini menuntut Tuhan, karena telah dianggap melakukan perbuatan kejam terhadap dirinya karena tak pernah bisa merasa bahagia. Ia juga pernah melaporkan Tuhan ke pihak kepolisian sebanyak 10 kali agar Tuhan ditangkap. Namun pihak kepolisian menganggap ia memiliki gangguan jiwa.

3. Mark Sharpe, mantan pendeta

orang yang menggugat Tuhan © 2016 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

Mark Sharpe (44) merupakan pendeta di desa Teme Valley South, Inggris. Ia menuntut Tuhan karena menganggap Tuhan sebagai penyebab dirinya harus mengundurkan diri dari profesinya sebagai pendeta. Pria ini bahkan melaporkan Tuhan ke kepolisian dan juga mengajukan gugatan secara resmi ke pengadilan.

4. Pavel Mircea, narapidana

orang yang menggugat Tuhan © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Pavel Mircea (40) merupakan narapidana asal Kota Timisoara, Rumania. Ia mengajukan sebuah gugatan terhadap Tuhan pada Juli tahun 2007 yang lalu. Pria ini menuduh Tuhan telah mengingkari janji yang mereka buat bersama. Bermula pada tahun 2005, Mircea bersedia di baptis saat sedang menjalani hukuman penjara selama 20 tahun. Dalam pembaptisan itu ia merasa Tuhan telah menjawab doanya agar dilindungi dari kejahatan, namun yang terjadi Mircea malah terlibat kasus pembunuhan.

5. Chandan Kumar Singh, pengacara

orang yang menggugat Tuhan © 2016 brilio.net

foto: firstpost.com

Chandan Kumar Singh adalah pengacara di India. Ia menggugat Dewa Rama ke pengadilan tinggi di India dengan tuduhan KDRT kepada istri Dewa Rama, Dewi Sinta. Ia mengaku menggugat dewa yang paling dihormati itu berdasarkan cerita Ramayana. Di mana setelah Sinta diculik oleh Rahwana, Rama meminta istrinya itu untuk membakar diri sebagai bukti Sinta tidak selingkuh saat menjadi tawanan Rahwana.