Brilio.net - Mendengar hewan menjadi politikus mungkin sangat aneh di telinga kamu. Apalagi kalau hewan itu benar-benar politikus di dunia nyata. Sebab semua orang tahu jika hewan seperti anjing atau kucing biasanya menjadi peliharaan manusia. Tak masuk akal jika hewan memimpin suatu wilayah, kan?

Namun, di beberapa negara bagian Amerika Serikat, bukan hal yang aneh jika hewan menjabat walikota. Hewan-hewan ini ikut berkampanye dengan menyebarkan poster layaknya manusia. Mungkin karena ketidakpercayaan kepada para politikus membuat rakyat mulai memilih hewan sebagai pemimpinnya. Sebab, hewan dianggap bisa bekerja dengan jujur dan tidak berorientasi pada uang.

Aneh-aneh saja ya? Yuk simak 8 hewan yang benar-benar menjadi politikus di dunia nyata seperti dilansir brilo.net dari Oddee, Rabu (28/9):

1. Duke, Walikota Cormorant, Minnesota

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

Loading...

foto: wday.com

Duke, Anjing Great Pyrenees berusia 9 tahun. Ia terpilih sebagai Walikota Cormorant, Minnesota selama tiga periode. Tidak sulit bagi anjing ini untuk menang telak dalam pemilihan. Para warga terlihat sangat puas dengan kebijakan dan kinerja kerja Duke.

2. Saucisse, Calon Walikota Marseille, Prancis

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: huffingtonpost.com

Saucisse sangat tragis hidupnya. Ia ditemukan di tumpukan sampah dan ditolong oleh Societe Protectrice des Animaux (Perkumpulan Pelindung Hewan). Ia diadopsi oleh L'Ecailler du Sud, seorang penerbit yang membuat Saucisse menjadi pahlawan dalam novelnya. Kepopulerannya pun meningkat, di tahun 2001, ia mencalonkan diri sebagai walikota.

3. Stubbs, Walikota Talkeetna, Alaska

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: nydailynews.com

Stubbs telah menjadi walikota kehormatan sejak tahun 1997. Setelah selamat dari serangan seekor anjing di tahun 2013, popularitasnya kian melonjak. Saat ini ia memiliki kurang lebih 35.000 pengikut di Facebook. Politikus kucing ini diyakini berusia 19 tahun. Meskipun usianya terhitung sangat tua, tetapi ia masih dipercayai untuk menjalankan tugasnya sebagai walikota.

4. Clay Henry III, Walikota Lajitas, Texas

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: oddee.com

Pada tahun 1980-an, ada lelucon tentang Walikota Lajitas, Texas. Lelucon itu tentang pemilihan walikota antara manusia dan kambing yang bernama Clay Henry. Pemilihan pertama, manusia yang menang. Tetapi hasil pemilihan itu tidak begitu memuaskan bagi warga Lajitas. Setelah manusia yang memenangkan lengser, Clay Henry pun menang di pemilihan kedua.

5. Pigasus, Calon Presiden dari Yippie

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: nydailynews.com

Pada tahun 1968, Konvensi Nasional Demokrasi di Chicago, Yippie (Youth International Party) mencalonkan seekor babi sebagai presiden. Kampanyenya: Mereka mencalonkan presiden dan 'memakan' orang-orang. Kami mencalonkan presiden dan orang-orang memakannya'.

6. Lucy Lou, Walikota Rabbit Hash, Kentucky

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: rabbithashhistsoc.org

Di tahun 2009, Anjing ras Border Collie telah dicalonkan sebagai Walikota Rabbit Hash, Kentucky. Ia adalah betina pertama yag memegang posisi itu.

7. Shunka, Walikoya Divide, Colorado

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: yelp.com

Shunka adalah seekor serigala yang hidup di Pusat Penangkaran Serigala Colorado. Ia memenangkan pemilihan Walikota Divide, Colorado di tahun 2016.

8. Bosco Ramos, Walikota Sunol, California

Hewan politisi © 2016 berbagai sumber

foto: oddee.com

Bosco Ramos, seekor anjing hitam campuran Labrador dan Rottweiler. Anjing ini telah mengalahkan dua manusia dalam pemilihan Walikota Sunol, California di tahun 1981. Pada tahun 2008, Sunol menempatkan patung perunggu Bosco di bawah jam kota, lengkap dengan syal klasik miliknya.