Brilio.net - Tersedianya fasilitas umum dan transportasi umum menjadi tanggung jawab masyarakat untuk merawat dan menjaga kebersihannya, agar tetap nyaman digunakan bersama. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar terutama pada fasilitas umum dan transportasi umum.

Ada yang masih suka mengotori dengan membuang sampah sembarangan, atau meninggalkan noda dari sisa makanan yang tidak dibersihkan setelah makan di tempat umum. Kurangnya kesadaran ini lah, yang membuat fasilitas umum menjadi cepat kotor dan rusak.

Berbeda dengan yang lain, seorang wanita justru menunjukkan rasa tanggung jawabnya untuk menjaga kebersihan salah satu transportasi umum. Biasanya, dalam transportasi umum seperti bus, kereta atau pesawat, tersedia petugas yang akan membersihkan transportasi tersebut. Namun, wanita yang belum diketahui identitasnya ini menunjukkan tanggung jawabnya setelah menumpahkan minuman di dalam kereta.

Aksi spontan ini terjadi dalam KRL jurusan Cikarang-Kota, dengan keberangkatan Tambun pada pukul 08.15 WIB. Dalam sebuah video yang viral di Instagram, tampak seorang wanita sedang jongkok sambil mengepel lantai KRL.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Viralinbos (@viralinbos)

Wanita berkemeja putih dengan corak hitam itu, tak sengaja menumpahkan minumannya di dalam KRL yang ia tumpangi tersebut. Meski petugas KRL tidak menyuruhnya untuk membersihkan lantai, dan tidak mempermasalahkan lantai KRL yang basah akibat minumannya, wanita tersebut tetap membersihkan lantai KRL hingga bersih dengan sebuah kain yang tampak seperti sapu tangan.

Tindakan terpuji dari itu, sontak mendapat apresiasi dari warganet. Banyak yang mengacungkan jempolnya pada wanita dalam video tersebut karena menganggap tanggung jawab yang dimilikinya dapat memotivasi orang lain agar tetap menjaga kebersihan transportasi dan fasilitas umum, meski petugas KRL tidak memarahi atau menyuruhnya untuk membersihkan lantai.

"Semoga rakyat Indonesia bisa sejujur dan bertanggung jawab seperti negara Jepang," tulis @raplyymahisa dalam kolom komentar.

"," sahut @resident699

(brl/lin)