Brilio.net - Perawatan motor secara rutin adalah kunci untuk menjaga performa, keamanan, dan umur pakai kendaraan Anda. Ini melibatkan sejumlah tindakan seperti mengganti oli mesin secara teratur, memeriksa tekanan ban, membersihkan dan melumasi rantai, serta mengganti kampas rem.

Mengganti kampas rem merupakan langkah yang sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara dan memelihara kesehatan kendaraan. Kampas rem yang aus atau rusak dapat mengakibatkan pengereman yang tidak efektif, meningkatkan risiko kecelakaan, dan memperpendek umur pakai komponen lain dalam sistem pengereman.

Salah satu contoh di mana komponen lain rusak karena kampas rem tidak diganti bisa kamu lihat di akun TikTok @banditech08, dilansir brilio.net pada Kamis (14/9). Dalam video yang ia unggah, @banditech08 memperlihatkan sebuah sepeda motor yang berada dalam kondisi mengenaskan.

Bentuk piringan motor nggak karuan © TikTok

foto: TikTok/@banditech08

Bagian mengenaskan itu khususnya terlihat di ban belakang motornya. Piringan atau cakram yang menempel pada motornya itu sudah terkikis.