Brilio.net - Makin hari perkembangan teknologi makin canggih. Selain gadget dan alat elektronik lain yang dimutakhirkan, para ilmuwan juga mulai menyempurnakan teknologi robot. Bahkan di beberapa negara, robot-robot ini ada yang sudah diterjunkan untuk membantu kegiatan manusia.

Di Jepang, sudah ada kedai minuman yang pelayannya adalah robot. Selain robot, ada juga mesin-mesin canggih otomatis yang sebelumnya sudah pernah ditemukan. Yang belum lama ini heboh adalah mobil tanpa awak yang bahkan sudah dipakai oleh salah satu perusahaan taksi online.

Mesin-mesin canggih otomatis lain juga telah lama dipakai oleh pabrik-pabrik untuk keperluan pembuatan suku cadang kendaraan atau juga alat elektronik. Sayangnya, kecanggihan teknologi robot dan mesin otomatis ini tak hanya membantu. Namun terkadang juga bisa mencelakai manusia.

Beberapa kasus pernah terjadi orang yang tewas karena kecanggihan teknologi tersebut. Duh, kok bisa ya? Berikut ini kumpulan kisah tragis orang yang tewas karena teknologi tersebut, seperti brilio.net himpun dari laman listverse pada Jumat (6/4).

1. Kecelakaan mobil tanpa awak.

Loading...

5 kisah tewas teknologi robot © listverse.com

foto: theregister.co.uk

Pada tahun 2016 lalu Joshua Brown menjadi korban pertama karena kecelakaan mobil tanpa awak. Teknologi mobil ini gagal mendeteksi adanya sebuah truk yang datang tiba-tiba dari pinggir jalan. Mobil Joshua tetap melaju yang menyebabkan tabrakan dan masuk ke kolong truk tersebut.

Tahun 2018 juga pernah terjadi kecelakaan yang disebabkan mobil tanpa awak ini. Kali ini mobil yang dioperasikan untuk taksi online ini menabrak seseorang yang sedang menyebrang jalan. Teknologi mobil ini gagal mendeteksi penyebrang tersebut hingga akhirnya menabrak yang menyebabkan korbannya meninggal dunia.

2. Robot pengambil cetakan.

5 kisah tewas teknologi robot © listverse.com

foto: listverse.com

Kasus ini telah lama terjadi, yaitu pada tahun 1979. Robert Williams merupakan pengoperasi robot pengambil cetakan suku cadang di sebuah pabrik mobil. Robot yang waktu itu error terus menerima informasi yang salah terkait dengan stok cetakan yang ada di tempat penyimpanan. Akhirnya Robert mengambil secara manual dengan cara memanjat. Namun ketika sedang memanjat, robot tersebut malah mengenainya sehingga Robert tewas terjatuh.

3. Tak sengaja terpencet tombol on pada robot yang diistirahatkan.

5 kisah tewas teknologi robot © listverse.com

foto: listverse.com

Kenji Urada menjadi orang Jepang pertama yang tewas karena robot. Ia baru saja memisahkan robot yang rusak ke tempat penyimpanan yang terpisah. Namun nahasnya ia tak sengaja memencet tombol on pada robot tersebut. Akhirnya robot itu tiba-tiba beroperasi dan menggencet tubuh Kenji hingga meninggal.

4. Malafungsi robot pengambil produk.

5 kisah tewas teknologi robot © listverse.com

foto: listverse.com

Kali ini terjadi di pabrik makanan. Robot yang menewaskan Ana Maria ini bertugas untuk menaruh produk ke sebuah box. Namun pada waktu itu ada sebuah box yang tersangkut. Ana yang ingin memperbaiki tiba-tiba malah dideteksi sebagai produk kemudian ia diangkat dan terbanting-banting karena robot tersebut.

5. Robot pemotong logam.

5 kisah tewas teknologi robot © listverse.com

foto: listverse.com

Kejadian tragis ini terjadi di India. Ramji tewas setelah tertusuk oleh alat pemotong logam otomatis. Ramji sedang membenarkan posisi logam yang akan dipotong, sebab posisinya saat itu miring dan tidak pas. Namun aksi Ramji kurang cepat, aksinya belum selesai dan ia lebih dulu tertusuk oleh robot pemotong metal tersebut.