×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 1 MP hingga libas DSLR

View Image

0

BRILIO » Gadget

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 1 MP hingga libas DSLR

foto: shutterstock.com

Dulu ponsel hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi via telepon dan SMS saja.

(brl/tin)

08 / 03 / 2018

Brilio.net - Pada era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kamera seakan menjadi fitur wajib di ponsel. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya hidup masyarakat yang gemar mengambil foto maupun video kemudian diunggah ke media sosial.

Fenomena ini pun membuat produsen smartphone berlomba-lomba mengembangkan teknologi kamera yang terbaik pada perangkatnya guna memenuhi keinginan masyarakat. Mulai dari ukuran resolusi hingga fitur-fitur canggih untuk bisa menghasilkan gambar yang optimal.

Padahal, dulu ponsel hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi via telepon dan SMS saja. Namun kini, segalanya berubah. Sekarang, ponsel menjadi kebutuhan primer dengan kamera sebagai fitur yang paling dicari. Tercatat sejak tahun 2000 hingga 2018 ini, resolusi kamera ponsel berkembang pesat, mulai dari 0,1 MP, 2 MP, 3,2 MP, 5 MP hingga 41 MP.

Perkembangan teknologi kamera ponsel ini pun tak hanya terjadi pada kamera belakang, melainkan juga kamera depan. Fenomena selfie turut serta membuat kebutuhan terhadap kamera depan yang berkualitas semakin tinggi di masyarakat.

Lalu seperti apa ya evolusi perkembangan teknologi kamera ponsel dari dulu hingga kini? Nah, berikut brilio.net sarikan dari berbagai sumber, Kamis (8/3), tujuh evolusi kamera ponsel dari cuma 0,1 MP hingga kini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa menghasilkan foto sempurna.

1. Ponsel kamera pertama beresolusi 0,11 MP.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Pada tahun 2000 muncul sebuah gebrakan dari salah satu vendor ponsel dengan menghadirkan ponsel berkamera dengan resolusi 0,11 MP. Ponsel ini disebut-sebut sebagai ponsel pertama di dunia yang memiliki fitur kamera terintegrasi.

Namun, sebenarnya ada perdebatan apakah itu adalah ponsel kamera pertama. Sebab ada juga ponsel berkamera dengan resolusi 0,35 MP itu diketahui hanya setengah terintegrasi. Sedangkan ponsel beresolusi 0,11 MP kameranya sudah terintegrasi sepenuhnya dalam bodi ponsel.

2. Berkembang dengan kamera 1,3 MP.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: iretron.com

Melanjutkan tren kamera ponsel, pada Juli 2004 untuk pertama kalinya, salah satu vendor di Amerika Serikat memproduksi ponsel berkamera. Ponsel ini mengusung kamera 1,3 megapiksel yang mampu menangkap gambar beresolusi 1280 x 960 piksel. Ponsel ini memiliki tombol kamera khusus dan beragam pengaturan yang layak, termasuk opsi multi-shot untuk mengambil delapan foto cepat berturut-turut.

3. Ponsel berbentuk seperti camcorder.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: allaboutsymbian.com

Pada tahun 2005 muncul ponsel dengan kamera yang berteknologi canggih. Selain kamera 2 megapixel dengan zoom digital 20X, blitz, dan modus makro, seri rilisan ini merupakan ponsel pertama yang menggunakan lensa Carl Zeiss.

Ponsel yang menggunakan desain lipat dan putar ini menempatkan lensa di bagian engsel dan dapat diputar sampai 90° sehingga memudahkan kamu mengambil foto maupun video dari berbagai arah.

4. Kamera resolusi 5 MP mulai populer.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: allaboutsymbian.com

Mulai tahun 2006, resolusi kamera 5 MP menjadi ukuran yang paling banyak disematkan para vendor pada produk ponselnya. Ponsel berkamera 5 MP ini bisa mengabadikan foto yang indah dengan warna yang cukup jelas dan bisa merekam video dengan kecepatan 30 frame per detik. Tak heran, kamera beresolusi 5MP ini tetap menjadi standar ponsel kelas atas selama beberapa tahun.

5. Kamera 3D.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: gadgetguy.com.au

Pada tahun 2011, mulai muncul gebrakan dengan teknologi 3D. Ponsel berkamera 5MP ganda ini mampu mengambil foto atau menangkap video dalam stereograf 3D. Sayangnya, gebrakan mereka ini tak mendapat sambutan yang bagus di pasaran.

6. Mulai muncul smartphone dengan berbagai fitur software kamera.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: pastorgear.com

Setelah melihat gebrakan teknologi 3D, para vendor lainnya mulai memikirkan untuk fokus pada fitur perangkat lunak yang menawarkan nilai ekstra bagi orang-orang yang tertarik dengan fotografi. Salah satunya mode panorama. Seiring perkembangan teknologi, para pengembang pun merilis aplikasi kamera sekaligus pengeditan untuk meningkatkan hasil fotonya.

7. Kamera dengan teknologi pengenalan wajah.

7 Evolusi kamera HP, dari resolusi kurang dari 0,1 MP sampai libas DSLR berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pengenalan wajah adalah satu dari sekian banyak teknologi yang kini tengah dikembangkan oleh banyak perusahaan teknologi. Teknologi ini memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk keamanan gadget. Kamera dengan fitur terkini ini biasanya hadir pada smartphone dengan harga fantastis.

Eits, tapi lain cerita dengan Advan G2 dengan kamera depan beresolusi 16 MP yang juga mempunyai teknologi Face ID. Fitur ini mampu mengidentifikasi 200 titik detail di wajah untuk membuka perangkat. Tak hanya itu, perpaduan kamera depan 16 MP dengan aperture F/2.0 pada Advan G2 bisa menghasilkan foto yang sempurna. Nggak cuma wajah yang jernih, background pun bisa terlihat semakin tajam.

Selain itu, Advan G2 juga memanjakan selfie addict dengan fitur Beauty Selfie 5.0 yang hadir dengan sentuhan virtual makeup untuk membuat wajah lebih cantik alami.

Makin lengkap, desain unibodinya dengan ketebalan hanya 7,6 mm, dan berat hanya 130 gram, membuat Advan G2 tetap nyaman digenggam saat selfie.

Soal harga, kamu bisa rileks dan nggak perlu khawatir kantong bakal jebol nih. Soalnya dengan berbagai fiturnya yang serba canggih, Advan G2 ini dibanderol dengan harga Rp 2.499.000. Kamu bisa mendapatkan smartphone asli Indonesia tersebut di sini.


Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    12%

  • Ngakak!

    10%

  • Wow!

    41%

  • Sedih

    17%

  • Marah

    19%

  • Love

    0%

MORE
Wave more