Brilio.net - Sederhananya sih, arsitektur itu adalah ilmu yang mempelajari tentang merancang sebuah bangunan. Kebayang dong, gimana kerennya kamu kalau sukses merancang dari skala bangunan terbesar sampai terkecil? Tak heran kalau jurusan arsitektur ini jadi incaran para calon mahasiswa.

Namun bagi mahasiswa arsitektur sendiri yang telah menjalani perkuliahan, pasti akan merasakan momen dimana menjadi seorang arsitek itu nggak mudah. Pasalnya bukan hanya ngegambar aja tugasnya, tapi juga dibutuhkan ide dan kreativitas supaya bangunan yang dirancang nantinya beneran kuat, indah, dan berfungsi. Belum lagi harus siap begadang demi merampungkan tugas.

Selain itu ada realitas lainnya yang harus siap dihadapi oleh para mahasiswa yang mungkin tak pernah diharapkan oleh orang lain. Seperti 30 foto harapan dan realitas jadi arsitek berikut ini misalnya, yang dikutip brilio.net dari Facebook, Senin (3/10):

1. Harapannya sih, mahasiswa arsitektur pasti cantik-cantik dan modis. Tapi kalau kurang tidur ya mukanya beler gini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

2. Kertas gambar pun jadi selimut.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

3. Saking ngantuknya, nggak sempet beresin kertas gambar yang berantakan.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

4. Posisi menentukan garis yang dibuat akurat atau tidak.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

5. Lembur ngerjain tugas jadi momen yang menyenangkan, kalau bareng-bareng temen kan jadi semangat.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

6. Realita ruang kerja yang berharap bakalan selalu bersih dan tertata rapi.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

7.  Sebelum dan sesudah adanya aplikasi teknologi komputer untuk merancang objek virtual, tetep aja gini posisi enaknya ya?

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

8. Biar nggak lupa salat lima waktu, ngerjain tugas tetap pakai sarung dan peci nih.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

9. Harus bisa multitasking.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

10. Kalau capek ya tidur dulu, nanti dilanjutin lagi nugasnya.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

11. Jadi arsitektur gandengannya penggaris dan pensil.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

12. Tidur di meja gambar juga bisa.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

13. Suasana meja belajar sebelum dan sesudah jadi mahasiswa aristektur, kamu iya nggak?

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

14. Harus bisa tidur dengan posisi tak wajar.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

15. Bangun-bangun badan sakit semua kalau posisi tidurnya gini.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

16. Ruang kerja sama dengan kamar tidur.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

17. Memanfaatkan apa yang ada.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

18. Pakai kertas gambar sekali pun.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

19. Jam kuliah ngantuk udah biasa.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

20. Tidur beralaskan kertas gambar apalagi.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

21. Ruang kerja mahasiswa arsitektur ya gini.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

22. Awalnya sih, ngerjain tugas semangat 45.. Tapi kalau udah ngantuk apa boleh buat.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

23. Tidur adalah kebutuhan, setuju?

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

24. Nggak papa kamar tidurnya berantakan, yang penting kuliahnya nggak keteteran.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

25. Nggak papa penampilannya jauh dari kesan modis, yang penting semua tugas dibabat abis.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

26. Mahasiswa arsitektur pasti pernah tidur dengan suasana kamar seperti ini?

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

27. Saking ngantuknya.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

28. Kerennya suatu bangunan hasil rancangan seorang arsitek.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

29. Tidur di kasur empuk berselimut tebal adalah harapan.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

30. Kalau ini 11-12 sama sniper deh.

harapan dan realitas arsitek © 2016 brilio.net

(brl/gib)