Brilio.net - Pergi liburan ke luar negeri memang sangat menyenangkan, apalagi jika bersama teman-teman dekat. Namun rupanya ada beberapa turis justru melakukan hal menjijikkan saat sedang liburan. Tiga mahasiswi China benar-benar membuat kemarahan publik di media sosial usai meninggalkan apartemen sewa Airbnb di Jepang dalam keadaan memprihatinkan.

Seperti dilansir brilio.net dari NextShark, Kamis (19/9), sang pemilik apartemen mengunggah foto tumpukan sampah, peralatan kotor dan benda-benda berantakan. Ketiga turis wanita itu menyewa apartemen selama lima hari dari 5-10 September 2018 lalu.

apartemen jepang kotor  © 2018 brilio.net

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, ketiga mahasiswi ini merusak buku tamu pemilik dengan coretan acak, termasuk sketsa tumpukan kotoran. Menurut Toutiao News, pemilik apartemen meminta para mahasiswi untuk membayar dua kali lipat biaya pembersihan, tetapi mereka malah menolak.

apartemen jepang kotor  © 2018 brilio.net

Loading...

Selain itu, para turis wanita ini juga tak menunjukkan rasa penyesalan atas tindakan mereka. Ya, mereka meninggalkan tempat tersebut dalam keadaan kumuh dengan alasan bahwa apartemen itu bukan milik mereka.

apartemen jepang kotor  © 2018 brilio.net

"Kami menghabiskan uang untuk tempat tinggal, bukan untuk membersihkan. Ini bukan rumahku, saya tidak harus membereskan tempat ini untukmu," ungkap salah satu mahasiswi.

Untuk membela tindakan mereka, salah seorang mahasiswi mengatakan bahwa mereka tak menemukan tempat sampah apartemen pada saat check-in. Namun, pemilik apartemen berbagai foto berupa tiga tempat sampah yang terletak di balkon apartemen.

apartemen jepang kotor  © 2018 brilio.net

Pria pemilik apartemen ini juga mengungkapkan bahwa membayar biaya pembersihan bukan berarti tamu boleh melakukan hal seenaknya di apartemen.

"Jadi kamu harus bayar biaya kebersihan. Sebagai tuan rumah, biasanya saya bersihkan untuk anda. Tetapi itu tak berarti bahwa anda dapat merusak tempat ini," ungkap sang pemilik apartemen dengan nada kesal.

Namun akhirnya ketiga mahasiswi itu bersedia membayar uang denda ke tuan rumah senilai Rp 800 ribu pada Kamis (13/9). Selain itu, netizen juga berpihak kepada pemilik apartemen dan sebagian besar mengerti gadis di China memang pemalas.