Brilio.net - Warga Jalan Haji Meran, RT 09/05, Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan heboh dengan temuan belasan ular sanca. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) menemukan ular tersebut di saluran air rumah warga.

Sebanyak delapan personil dan dua unit kendaraan dikerahkan untuk melakukan proses penangkapan ini. Ular dengan panjang sekitar tiga meter berhasil dievakuasi. Setelah itu, ular jenis sanca kembang tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta.

Warga semakin heboh, lantaran ular sanca yang ditemukan petugas mencapai 15 ekor ular. Belasan ular tersebut merupakan anakan dari induk berukuran panjang tiga meter tersebut.

15 ular sanca saluran air © Instagram/@humasjakfire

foto: Instagram/@humasjakfire

"Jadi sebelumnya warga juga melihat adanya sarang ular, yang telah menetaskan anaknya sekitar 15 ekor. Lalu kita kejar induknya," Kepala Regu Rescue Group A Sektor X Kecamatan Jagakarsa Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Musonip, seperti brilio.net lansir dari laman beritajakarta pada Selasa (15/1).

Sebelumnya pihak Regu Rescue Group A Sektor X mendapat laporan dari warga yang melihat ular masuk ke pipa saluran sekitar Senin dini hari pukul 04.15 WIB. Kemudian pihak penyelamat langsung menuju lokasi dan melakukan penangkapan.

15 ular sanca saluran air © Instagram/@humasjakfire

foto: Instagram/@humasjakfire

Penangkapan induk ular itu sendiri sempat mengalami kendala. Sebab saluran pipa yang dimasuki tertanam lima meter ke dalam tanah di bawah lantai rumah. Sehingga petugas harus menggali hingga bisa mengamankan ular sepanjang tiga sampai empat meter tersebut.