Brilio.net - Tsunami akibat aktivitas Anak Gunung Krakatau pada Sabtu (22/12) mengakibatkan pesisir sekitar Selat Sunda porak poranda. Adapun daerah yang terdampak tsunami antara lain Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan. Beberapa pantai seperti komplek Carita dan Tanjung Lesung habis tersapu ombak.

Hingga saat ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) mencatat sampai hari keempat setelah bencana melanda, kurang lebih 430 orang meninggal dunia, 1.495 korban luka, 21.991 orang mengungsi dan 924 unit rumah bangunan rusak.

Adapun sebanyak 108 orang meninggal dunia di Lampung Selatan, di mana 7 orang belum berhasil diidentifikasi. Pulau Sebesi juga terdampak tsunami. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melaporkan melalui akun Twitter @Sutopo_PN bahwa di Pulau Sebesi dua orang meninggal dan 40 unit rumah rusak.

Beberapa orang di Pulau Sebesi juga diungsikan oleh tim SAR gabungan. Dinas Kesehatan juga bergerak ke lokasi bencana dan mengirimkan obat-obatan. Tim SAR gabungan terus memantau lokasi bencana baik dari darat maupun udara.

Pantauan dari udara menunjukkan betapa pesisir Selat Sunda alami kerusakan parah. Rumah rata dengan tanah dan pepohonan tumbang. Berikut pantauan dari udara di pesisir Selat Sunda pasca tsunami dilansir brilio.net dari akun Twitter @Sutopo_PN, Rabu (26/12).

Loading...

1. Pantauan dari udara dampak tsunami di Pantai kalianda, Lampung Selatan.

2. Pasca tsunami Anak Gunung Krakatau tetap aktif.

3. Dampak tsunami di pesisir Kecamatan Rajabasa dan Kalianda, Lampung Selatan.

4. Sebanyak 108 orang meninggal dunia di pesisir Kecamatan Rajabasa dan Kalianda, Lampung Selatan.

5. Potret pantai di Pulau Sebesi, Lampung Selatan.

potret udara tsunami selat sunda © Twitter/@Sutopo_PN

6. Rumah di pesisir pantai Pulau Sebesi, Lampung Selatan rata dengan tanah.

potret udara tsunami selat sunda © Twitter/@Sutopo_PN

7. Meksi demikian beberapa rumah ada yang tidak hancur.

potret udara tsunami selat sunda © Twitter/@Sutopo_PN

8. Potret suram di Pulau Sebesi setelah tsunami melanda.

potret udara tsunami selat sunda © Twitter/@Sutopo_PN

9. Hingga Rabu (26/12) sore Anak Gunung Krakatau masih aktif dan mengeluarkan abu vulkanik hingga menjangkau daerah sekitar pesisir Selat Sunda.

10. Potret Anak Gunung Krakatau dari udara sebelum dan setelah terjadi erupsi dan tsunami.

potret udara tsunami selat sunda © Twitter/@Sutopo_PN