Brilio.net - Dalam film-film yang bertema kedokteran kamu acap kali melihat bagaimana proses operasi ketika sedang berlangsung, mulai dari dokter yang terampil dengan operasinya hingga dokter yang mengalami kesulitan terhadap operasinya. Kamu seperti diminta untuk membuka mata bahwa dokter pun manusia biasa yang juga bisa luput mengalami kesalahan dalam pekerjaannya.

Namun sungguh disayangkan memang jika karena kesalahan di dokter justru membawa kematian pada pasiennya. Selain itu juga ada saja tingkah aneh pasien di dalam ruang operasi, bahkan ada yang nekat memainkan biola di tengah-tengah proses operasi. Wah!

Penasaran ada kejadian apa saja selama proses operasi berlangsung? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (26/6), kejadian tak terduga yang terjadi selama proses operasi. Dijamin kamu nggak nyangka!

1. Seorang pasien mendapati wajahnya rusak setelah operasi tiroid.

proses operasi © 2016 brilio.net

Loading...

Pada tahun 2005, seorang pasien bernama Rita Talbert harusnya menjalani operasi ringan untuk pembengkakan kalenjar tiroidnya, namun justru menjadi korban malpraktik yang menyebabkan wajahnya rusak.

2. Seorang pemain biola memainkan biolanya selama operasi otaknya sendiri.

proses operasi © 2016 brilio.net

Naomi Elishuv seorang pemain biola di Lithuanian National Symphony Orchestra, alih-alih tidur selama operasi otak, dia justru seperti tengah menggelar konser di ruang operasi tersebut dengan memainkan karya Mozart menggunakan biola kesayangannya.

3. Sebuah rumah sakit mentwit dan mengunggah foto proses operasi otak di Pinterest.

proses operasi © 2016 brilio.net

Untuk pertama kalinya pada tahun 2012 silam, rumah sakit Memorial Hermann membuat kicauan status di Twitter proses operasi otak yang sedang berlangsung di sana. Tim media sosial mereka bahkan juga mengunggah foto dan video selama proses operasi tersebut.

4. Seorang pasien dikerjai dengan wajahnya ditempeli stiker selama proses operasi.

proses operasi © 2016 brilio.net

Dikutip dari abcnews.go.com, seorang pasien wanita yang tidak diketahui namanya mengajukan gugatan ke sebuah rumah sakit karena ia telah dipasangi stiker berbentuk kumis pada dirinya selama proses operasi.

5. Ada dokter mengukir inisial namanya di perut pasiennya.

proses operasi © 2016 brilio.net

Dr. Alan Zarkin saking bangganya dengan kemampuannya, ia mengukir tubuh pasiennya dengan inisial namanya, begitu operasinya selesai. Akibat kejadian tersebut, ia mendapat gugatan di pengadilan dari pasiennya.

6. Dokter anestesi pergi makan siang di tengah-tengah operasi ginjal.

proses operasi © 2016 brilio.net

Kejadian ini terjadi pada tahun 2011 silam di rumah sakit di Swedia, seorang kepala bagian anestesi meninggalkan ruangan operasi untuk makan siang, 15 menit kemudian seorang kepala perawat juga meninggalkan ruangan untuk pergi makan siang. Pasien kemudian mengalami pendarahan dan tekanan darahnya mulai menurun. Setelah diselidiki ternyata respirator pasien tersebut dimatikan oleh perawat dan meninggalkan si pasien tanpa mendapat oksigen selama 8 menit. Si pasien meninggal beberapa minggu kemudian.

7. Seorang dokter ketahuan mengirim pesan berbau sex selama proses operasi.

proses operasi © 2016 brilio.net

Pada tahun 2014 lalu, rumah sakit di Seattle memecat dan mencabut lisensi dari seorang dokter anestesi karena ketahuan mengirim pesan berbau porno selama proses operasi. Disebutkan pihak rumah sakit menemukan 250 chat dan beberapa foto selfienya selama proses operasi tersebut.

8. Ada penyanyi yang menyanyi di tengah-tengah operasi tenggorokan.

proses operasi © 2016 brilio.net

Untuk memastikan dokter tidak merusak suaranya, seorang penyanyi Alama Kante nekat menyanyi selama proses operasi tenggorokan di Prancis.

9. Otak kiri pasien mengalami kerusakan setelah dokternya keluar dari ruangan pada saat proses operasi.

proses operasi © 2016 brilio.net

Seorang dokter di California mendapat gugatan oleh keluarga salah seorang pasiennya. Ia disebut-sebut keluar dari ruangan ketika operasi belum berakhir dan menyebabkan kematian pada si pasien.

10. Seorang calon perawat mengunggah foto organ dalam pasiennya di tengah-tengah proses operasi.

proses operasi © 2016 brilio.net

Pada bulan Oktober 2014 lalu di Rusia, seorang murid keperawatan harus menghadapi kecaman karena mengunggah foto selfie dirinya yang sedang memegang organ dalam pasiennya selama proses operasi. Tak hanya itu, ia juga disebut-sebut mengejek si pasien di media sosialnya.