Brilio.net - Sepertinya di zaman yang sudah modern ini kehidupan orang-orang selalu berhubungan dengan gadget dan eksis di media sosial. Bahkan satu orang saja bisa memiliki lebih dari tiga akun media sosial. Akun media sosial ini dimanfaatkan dengan berbagai macam. Bahkan ada pula yang menggunakan akun media sosialnya untuk menyampaikan pesan-pesan terakhir sebelum dirinya tewas bunuh diri, seperti yang dilakukan oleh orang-orang berikut ini.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (29/5), aksi-aksi bunuh diri yang ditayangkan di media sosial.

1. Ditayangkan lewat aplikasi Periscope

Seorang gadis 19 tahun bunuh diri dengan cara menabrakkan diri ke sebuah kereta api yang tengah melaju di Paris. Lebih gilanya lagi, aksinya tersebut ia siarkan secara langsung lewat Periscope, sebuah aplikasi video streaming untuk telepon pintar.

Rekaman aksi bunuh diri itu terjadi pada Selasa (9/5) di stasiun Egly, Paris. Dalam video itu terlihat korban duduk di sebuah bangku sambil mengisap sebatang rokok. Perempuan itu berkata bahwa video yang dibuatnya bukan untuk mencari popularitas namun untuk membuat masyarakat bereaksi dan membuka pikiran mereka. Selanjutnya layar video menjadi gelap dan suara kepanikan yang diduga datang dari para petugas terdengar jelas.

2. Memposting aksi bunuh diri di Instagram

Sakit hati karena putus cinta dengan kekasihnya, gadis yang tidak diketahui namanya itu mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri pada pertengahan Maret 2014 silam. Yang membuat kabar ini heboh, aksinya itu di-posting ke Instagram.

Foto-foto mengerikan tersebut diketahui di-upload oleh pemilik akun jojostai1012, yang ditujukan kepada mantan kekasihnya. Salah satu pesan yang tertulis di akun Instagram-nya adalah "Saya akan menghantui Anda, siang dan malam setelah saya mati." Ia juga mem-posting foto dirinya yang sedang membakar sejumlah barang dan juga foto kakinya yang terlihat tengah bersiap untuk melompat dari gedung tinggi.

3. Bunuh diri secara live di Facebook

Wanita asal Taiwan ini nekat bunuh diri secara live di Facebook yang ditonton oleh teman-temannya sendiri. Alasan ia bunuh diri karena kesal pacarnya tidak hadir di pesta ulang tahunnya.

Sementara itu teman-temannya memohon padanya agar tidak melakukan aksi konyolnya itu. Wanita muda bernama, Claire Lin, tetap melakukan aksi bunuh dirinya dengan cara menghirup asap beracun dari api arang yang telah ia siapkan.

Dan ini perkataan terakhirnya di Facebook, "Sudah terlambat. Kamarku sudah dipenuhi dengan asap. Aku hanya memposting foto lainnya. Bahkan saat aku sekarat, aku masih ingin Facebookan. Harus menjadi racun FB. Haha."

4. Ditayangkan lewat Webcam

Abraham Biggs K adalah seorang remaja berusia 19 tahun asal Florida, Amerika Serikat. Dia melakukan aksi bunuh diri dengan cara menelan obat penenang sampai over dosis. Gilanya, Biggs melakukan aksi itu secara langsung lewat webcam Justin.tv pada November 2008 silam

Secara terang-terangan Biggs memang mengajak semua orang menyaksikan video bunuh dirinya secara langsung. Bahkan awalnya beberapa orang tak peduli dan menganggap itu semua lelucon sampai mengirim komentar bernada hinaan termasuk menantang Biggs bunuh diri betulan. Kenyataannya, Biggs benar-benar melakukan aksi bunuh dirinya itu dengan cara memakan pil. Karena ditayangkan secara live, orang-orang menyadari bahwa ia benar-benar serius. Video itu tetap berlangsung secara live sampai polisi tiba di kamarnya dan menghentikan siaran bunuh diri itu.

5. Melakukan aksi bom bunuh diri secara live di internet

Pada bulan Februari 2014, sebuah video diposting ke internet yang menunjukan seorang pria Inggris, Abdul Waheed Majid akan melakukan aksi bom bunuh diri di Suriah. Pria berusia 41 tahun itu meledakkan dirinya sendiri setelah mengemudikan sebuah truk yang berisi penuh dengan bahan peledak menuju dinding penjara Aleppo. Dalam video yang muncul di Youtube itu menujukan Majid menerobos dinding penjara dengan truk besar berlapis baja.

Yang satu ini beruntung karena berhasil diselamatkan. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


6. Bunuh diri ditayangkan di webcam

Pada Oktober 2010, mahasiswa dari Järna, Stockholm bernama Marcus Jannes melakukan aksi bunuh diri dan dia siarkan melalui webcam. Beberapa orang yang menonton aksinya meminta Marcus mengurungkan diri meskipun ada yang tak percaya.

7. Membakar diri di depan webcam

Desember 2013 silam sebuah kehebohan terjadi saat seorang pemuda di Amerika Utara bernama Stephen merencanakan aksi bunuh diri di kamar yang dibakar. Seakan kurang, Stephen memberitahu 200 teman video online untuk melihat aksi gilanya itu.

Untungnya, aksi gila ini diketahui petugas pemadam kebakaran dan mereka menarik Stephen keluar dari kamar penuh asap. Nyawa Stephen berhasil diselamatkan dan diketahui identitas aslinya ialah Dakota Moore, mahasiswa Universitas Guelph di Ontario, Kanada.

8. Update status di Facebook

Seorang pria bernama Simone Back (42) pada tahun 2010 menulis pesan akhir di Facebook tepat di Hari Natal pada pukul 22.53, "Mengambil semua pil. Aku akan segera mati. Bye bye everyone,". Beberapa teman Back di luar negeri ada yang merasa khawatir, dan kebingungan mencari alamat, mereka kemudian menghubungi nomor telepon darurat untuk membantu Back. Hingga semua berakhir tragis 17 jam kemudian saat polisi mendobrak pintu flat-nya di Montague Street, Brighton, Back sudah tewas.

9. Pesan kematian di Blog

Frances Medley (44) adalah seorang Ketua Dewan Kesenian di Wales, Inggris. Namanya populer saat dia menulis di blog bunuh diri sampai akhirnya dia benar-benar bunuh diri. Medley meminta tolong teman-temannya untuk memublikasikan tulisan terakhirnya berjudul A Sophisticated Sign-Off. Saat itu Medley menceritakan ketakutannya atas kondisi kesehatan yang memburuk akibat menderita Multiple Sclerosis.

10. Update status di media sosial Weibo

Seorang remaja usia 19 tahun asal Sichuan di detik-detik terakhir hidupnya pada 2014 silam menuliskan status di akun media sosial Weibo miliknya. Di akunnya yang bernama Neuuuuuuuuuuuuuuu... ini dia menuliskan, "Batu bara sudah terbakar. Pil tidur sedang bekerja. Aku tidak mau mati tapi aku tak bisa menyelamatkan diriku sekarang." Terlihat status tersebut dilampirkan juga foto yang memperlihatkan tumpukan batu bara di dalam sebuah mangkuk yang sedang membara.