Brilio.net - Dandan cuma hak kaum cewek? Salah besar! Cowok juga wajib berdandan biar tampil tampan memikat para cewek. Salah satu elemen penampilan yang harus diperhatikan adalah rambut. Tatanan rambut yang rapi dan keren bakal bikin jantung cewek nggak bisa berdetak dengan tenang.

Nah, biar penampilan rambut lo semakin menghipnotis kaum hawa, lo wajib tahu produk perapi rambut. Ada pomade, gel, dan wax. Apa beda ketiganya, ya? Kudu pakai yang mana, ya? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (20/5), berikut penjelasannya.

1. Bahan pembentuknya.

beda pomade gatsby Istimewa

Foto: manomics.com

Sedikit info nih, Sobat Brilio. Pomade terbuat dari bahan minyak dan mengandung lemak. Tak heran pomade member kesan berkilau dan klimis teratur pada rambut. Selain berbahan minyak, ada pula pomade yang berbasis air sehingga lebih mudah untuk dicuci nantinya.

Kalau wax atau pasta rambut terbuat dari bahan minyak wax atau lilin. Sedikit berbeda dengan pomade, wax ini akan mongering beberapa jam setelah digunakan, tak seperti pomade yang selalu memberikan efek mengilap.

Nah, bicara gel untuk rambut itu terbuat dari bahan berbasis air. Bahkan ada pula yang bercampur resin dan alcohol sehingga daya rekatnya semakin kuat. Tak heran rambut akan kaku dan susah diatur kala gel mengering.

2. Efek ke rambut.

beda pomade gatsby Istimewa

Foto: fashionbeans.com

Pomade memberikan efek selalu basah atau berkilau, klimis, dan mudah diatur untuk rambut, tapi nggak kaku. Umumnya, gaya rambut yang pakai pomade ini adalah disisir ke belakang atau membentuk jambul tersendiri, baik untuk pemilik rambut cepak atau sedikit panjang.

Nyaris sama seperi pomade, wax bikin rambut lo mudah diatur dan nggak kaku. Sayangnya, kilau efek wax nggak bertahan lama (matte finish), namun rambut lo tetap mudah ditata ulang. Penggunaan wax cocok buat cowok yang punya rambut sedikit panjang bahkan gondrong agak acak-acakan atau nggak terstruktur. Namun begitu, tetap memberikan kesan rapi.

Lebih lanjut, gel terbuat dari bahan berbasis air bahkan ada yang dicampur dengan resin dana lkohol. Efeknya membuat rambut kaku pada gaya tertentu, misalnya mohawk. Karena kaku tersebut, rambut lo lebih sulit disisir atau diatur ulang kalau acak-acakan. Tapi untuk efek berkilau dan basah mirip pomade, gel punya ini, sebab ada unsur air dalam bahannya.

3. Cara pemakaian.

beda pomade gatsby Istimewa

Foto: brickellmensproducts.com

Pada prinsipnya, pemakaian pomade, wax, maupun gel tidaklah jauh berbeda. Oles di telapak tangan dan usapkan ke rambut. Tapi untuk lebih detailnya, yuk cek penjelasan berikut:

Kalau lo mau pakai pomade, gunakan saat rambut lo kering. Selanjutnya, taruh pomade di telapak tangan secukupnya dan ratakan. Kemudian usapkan ke seluruh bagian rambut. Lantas, sisir rambut sesuai keinginan. Maka, rambut lo akan terbentuk klimis, berkilau, dan rapi seketika!

Nah, kalau lo mau pakai wax supaya tatanan rambut lo bertahan, maka saat memakainya rambut lo justru harus dalam kondisi basah. Soalnya, kondisi rambut basah bisa meningkatkan kondisi tatanan rambut bertahan lebih lama.

Rambut dalam kondisi basah ini bisa karena sehabis keramas lalu menggunakan pelembab atau sehabis menggunakan semprotan khusus rambut. Selanjutnya, sisirlah rambut. Nah, pakai wax secara merata setelah mengusapnya di telapak tangan. Pakai secukupnya saja, kira-kira sebesar biji kacang polong. Pakai rata di seluruh bagian rambut, dari pangkal sampai ujung rambut.

Kalau masih kurang, lo bisa tambahkan kembali sebesar biji kacang polong. Wax untuk tujuan ini lebih alami ketimbang pakai hair spray, lho.

Kalau lo pengen pakai wax biar memberkan kesan rambut "berantakan", lo bisa menggunakannya saat rambut lo kering. Kemudian oleskan wax sebesar biji kacang polong di telapak tangan lalu usaplah secara merata ke seluruh bagian rambut, dimulai dari akar rambut dan perlahan ke ujung rambut, secara asal. Cara ini digunakan supaya rambut lebih bervolume dan wax akan menjaga tatanan rambut tetap seperti ini.

Untuk lo yang menghendaki tatanan rambut kaku, rapi, klimis, dan mengilap, pemakaian gel adalah jawabannya. Gunakan saat rambut lo benar-benar kering. Oleskan sedikit gel rambut ke telapak tangan kemudian usapkan secara merata ke seluruh rambut.

Nah, kalau sudah pakai ketiga minyak rambut di atas, tentu saja pada waktu yang berbeda alias bukan bercampur baur, jangan gunakan topi atau penutup kepala lain. Percuma dong merapikan rambut kalau akhirnya ditutupi dan akhirnya merusak tatanan rambut lo sendiri. Selain itu, kalau penggunaan penutup kepala lama, bisa bikin kulit kepala jadi nggak sehat karena kurangnya sirkulasi udara di area kepala.

4. Preferensi penggunaan.

beda pomade gatsby Istimewa

Foto: berbagai sumber

Bisakah pomade, wax, atau gel digunakan untuk cewek? Bisa saja, tapi apakah cewek kepengen rambutnya begitu klimis? Kalau cewek justru suka rambut berkilau tapi nggak klimis. Maka dari itu, wax bisa jadi pilihan selain hair spray, kalau ingin menjaga tatanan rambut. Semisal kudu pergi ke kondangan dengan rambut dimodel sedemikian rupa. Maka, cewek bisa pakai wax untuk meningkatkan volume atau mempertahankan tatanannya. Selebihnya, cewek jelas ogah punya rambut terlampau klimis, terkesan basah, apalagi kaku kayak pakai gel.

Nah, untuk model rambut cowok seperti apa sih, yang cocok pakai pomade, wax, atau gel? Sebetulnya mau cepak, agak panjang, atau gondrong, bisa pakai ketiganya. Tapi kalau pomade cenderung digunakan untuk lo dengan model rambut undercut, vintage, bahkan slicker. Bisa saja untuk yang rambutnya sedikit lebih panjang, guna disisir klimis ke belakang.

Kalau wax cenderung digunakan cowok yang punya rambut agak panjang bahkan gondrong untuk memberikan kesan mudah diatur, bervolume, bahkan sedikit acak-acakan. Wax ini juga cocok buat tipe rambut lo yang berminyak karena setelah beberapa waktu pemakaian, wax akan mengering, bukan memberikan kesan berminyak atau basah.

Gimana dengan gel? Gel digunakan untuk membentuk rambut dalam model yang tetap dalam beberapa waktu dan kaku, misalnya mohawk. Jadi, nggak peduli mau cepak atau gondrong, gel bisa lo gunakan.

5. Cara membersihkannya.

beda pomade gatsby Istimewa

Foto: hudsonandhammer.com

Buat lo yang pakai pomade berbasis minyak, kudu tepat cara mencucinya. Sedangkan kalau lo pakai wax, lo harus rajin keramas setelah pemakaian wax, supaya nggak menjadi biang ketombe di kulit kepala lo. Nah, kalau gel, lebih mudah dicuci karena bahan dasarnya berbasis air. Jangan lupa keramas biar nutrisi rambut lo terpenuhi sehingga tetap sehat meskipun mendapat perlakuan macam apa pun.

Nah, mau pakai pomade, gel, maupun wax, itu tergantung preferensi dan kebutuhan, guys. Hanya saja, kebanyakan cowok lebih suka pakai pomade karena lebih efektif. Dari penampilan bikin kesan klimis, selalu berkilau, segar, dan rapi. Plus aroma wanginya juga bikin cewek makin terbius.

Kalau lo pecinta pomade, lo wajib mencoba Gatsby Styling Pomade. Ada dua varian Gatsby Styling Pomade, yaitu Styling Pomade Supreme Grease (Cap Abu-abu) dan Styling Pomade Supreme Hold (Cap Cokelat). Selamat menjadi ganteng, guys!

 

(brl/pep)

(brl/pep)