1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Cinta
12 Februari 2018 13:45

7 Masakan simpel ini bikin Valentine makin romantis & berkesan

Memasak sendiri juga bisa menurunkan berat badan, lho.
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Saat ini makan di luar atau layanan pesan antar menjadi pilihan yang menarik daripada memasak sendiri di rumah. Padahal memasak sendiri di rumah mempunyai beberapa manfaat lebih lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventative Medicine tahun 2017 menyebut, masakan buatan rumah atau makanan yang dibuat sendiri membantu menjaga pola makan sehat. Sehingga, bisa menurunkan berat badan dan menghemat pengeluaran.

Nggak cuma itu, masak di rumah juga bisa meningkatkan kehangatan keluarga. Aktivitas memasak--dilanjutkan makan bersama--tergolong sarat komunikasi, sehingga memungkinkan terjalinnya kehangatan antar anggota keluarga. Apalagi kalau kamu memasak makanan favoritnya, dijamin bakal dapat poin plus di hati pasanganmu.

Namun, permasalahan selama ini ada beberapa orang yang belum pernah memasak merasa kesulitan saat awal percobaan. Ada beberapa hal yang bikin mereka keder, misalnya kecipratan minyak panas, terkena pisau saat memotong bahan masakan, takut hasil masakannya gagal dan keribetan lainnya yang membayang. Alhasil, seorang pemula menjadi malas untuk melanjutkan memasak.

Tapi Sobat Brilio tahu nggak sih, kini sudah banyak masakan simpel yang bisa dibuat di rumah tanpa perlu persiapan panjang dan proses memasak lama? Jika sudah memahami caranya, memasak itu mudah kok!

Nah, tapi jika belum pede memasak setiap hari, kamu bisa memanfaatkan momen-momen spesial seperti hari ulang tahun pasangan atau Valentine untuk menyajikan masakan buatanmu sendiri. Hitung-hitung sebagai kejutan pada hari spesial untuk orang terkasih.

Kira-kira masakan istimewa apa yang bisa kamu masak sendiri untuk orang tersayang? Nih, brilio.net, Senin (12/2), suguhkan tujuh resep masakan rumahan sederhana yang bisa dicoba para pemasak pemula.

1. Nasi Goreng Laksa Siram.

foto: royco.co.id

Nasi goreng adalah santapan kuliner andalan yang bisa dinikmati pada momen apa pun. Biar makin nikmat dan nggak bosan dengan nasi goreng ayam yang gitu-gitu aja, yuk coba bikin nasi goreng ayam laksa siram.

Cara bikinnya gampang lho. Untuk langkah awal, kamu tinggal bikin nasi goreng seperti biasa. Setelah itu mulai bikin kuah laksanya, deh. Caranya blender cabai merah, ebi, jahe, bawang merah, bawang putih, terasi matang, kunyit bakar, ketumbar yang telah disangrai hingga halus. Tumis hingga harum. Aduk rata dan masak Royco cream soup dengan santan encer. Masukkan tumisan lalu masak hingga matang. Masukkan potongan ayam, paprika, wortel, taoge, daun kucai, dan tahu pong. Nasi goreng ayam laksa siram siap disajikan deh.

Perpaduan gurihnya nasi goreng dengan lezatnya kuah laksa siap memanjakan lidah nih. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk masak sendiri di rumah. Buat liat resep lengkapnya langsung cek di sini, ya.

2. Grilled Banana Corn Custard.

foto: royco.co.id

Siapa yang nggak suka pisang? Buah berwarna kuning ini menjadi favorit banyak orang, baik disantap langsung maupun diolah menjadi makanan kekinian. Nah, kali ini kamu bisa cobain resep nikmat berbahan dasar pisang ala kamu sendiri. Namanya grilled banana corn custard.

Cara membuatnya, panggang pisang dan roti hingga kecokelatan. Setelah itu mulai deh bikin saus karamel. Caranya panaskan gula hingga meleleh, masukkan butter, aduk rata. Tambahkan krim dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Bumbui dengan Royco ayam dan masak hingga mendidih.

Selanjutnya bikin corn custard. Caranya aduk dan masak Royco cream coup, cream, dan vanilla. Aduk telur, lalu masukkan campuran cream soup secara perlahan dan aduk hingga semua tercampur rata. Tuang ke dalam cetakan lalu kukus selama 20 menit. Angkat dan sajikan dengan grilled banana dan salted caramel sauce.

Olahan pisang kekinian siap dinikmati bersama pasangan di hari spesial nih. Perpaduan pisang dan caramel sausnya bikin momen romantis bareng pasangan jadi makin manis. Tertarik bikin? Yuk langsung cek resepnya di sini.

3. Bakso Tahu Crispy Jamur Saus Mozarella.

foto: royco.co.id

Menikmati momen ngumpul bareng keluarga dan pasangan pasti makin menyenangkan jika ada makanan ringan. Bikin bakso tahu aja, yuk! Eits, bukan sembarang bakso tahu, kali ini coba deh bikin bakso tahu crispy jamur saus mozarella aja.

Cara bikinnya juga gampang lho, bahkan buat seorang pemula. Campur daging ayam cincang, tepung kanji, bawang putih dan bawang merah. Bumbui dengan Royco. Masukkan campuran ayam ke dalam jamur champignon yang sudah dibuang kuncupnya dan tahu yang sudah dibuang tengahnya. Balur jamur dan tahu dengan campuran tepung dan air. Lalu goreng hingga matang.

Biar makin lezat, sajikan bakso tahunya dengan saus mozarella. Cara bikinnya, aduk dan masak hingga matang Royco cream soup, susu, keju mozzarella, lada, daun parsley cincang, dan potongan cabe rawit. Tuang di mangkuk. Bakso tahu crispy jamur saus mozarella siap disajikan. Wah, bikin ngiler aja, nih. Yuk langsung bikin dengan lihat resepnya di sini.

4. Sup Krim Ayam Brokoli.

foto: royco.co.id

Musim hujan pasti bikin mager dan gampang laper. Nah, untuk menghangatkan suasana, kenapa nggak bikin sup krim ayam brokoli aja? Bikinnya juga gampang banget lho. Berikut bahan yang perlu kamu siapkan beserta cara memasaknya.

Masukkan Royco Sup Krim Ayam dan air ke dalam panci. Didihkan sambil terus diaduk. Setelah mendidih, kecilkan api. Masak hingga mengental sambil diaduk. Matikan api lantas masukkan brokoli dan keju dan aduk rata.

Kemudian angkat dan tuangkan sup ke dalam mangkuk saji. Taburi dengan pangsit goreng. Voila, sup krim ayam brokoli pun siap dinikmati bareng pasangan nih. Kamu bisa lihat bahan yang dibutuhkan dan resepnya di sini.

5. Makaroni Keju.

foto: shutterstock.com

Walau kini sudah tersedia makaroni keju instan di supermarket, membuat makaroni keju sendiri sebenarnya gampang. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Cara membuatnya, rebus macaroni sampai matang, tiriskan. Masukkan air dan Royco krim sup masak sampai mendidih. Dalam mangkuk terpisah, campur keju dan telur, masukkan ke dalam macaroni lalu aduk rata. Ratakan dalam panci, tutup sampai matang. Angkat dan sajikan dengan panko goreng.

Makaroni keju ala kamu siap disajikan. Meski simpel, sajian ini enak dan mengenyangkan. Pasanganmu pasti suka sekali. Resep lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

6. Lasagna Kulit Pangsit Kukus.

foto: royco.co.id

Merayakan hari Valentine dengan menyantap menu spesial bareng pasangan dijamin bikin suasana makin tak terlupakan. Nah, kamu bisa menikmati menu makanan tradisional Italia seperti Lasagna.

Eits, nggak harus ke resto Italia dan merogoh kocek dalam-dalam, kini kamu juga bisa bikin lasagna ala kamu sendiri lho.

Pertama bikin saus putih terlebih dahulu. Caranya, masak air dan Krim Sup Royco sampai mendidih, masukkan keju masak sampai meleleh, sisihkan. Setelah itu bikin saus dagingnya. Tumis bawang bombay, daging giling, oregano, saus tomat, dan Royco Kaldu Sapi sampai matang.

Rebus kulit pangsit, angkat dan susun dalam wadah anti panas, bergantian dengan saus putih, saus daging dan keju leleh parut. Kukus selama 15 menit sampai keju meleleh dan sajikan. Praktis dan nggak harus pakai oven, kan? Yuk langsung cek resep lengkapnya di sini.

7. Egg Benedict.

foto: royco.co.id

Bosan dengan olahan telur yang itu-itu aja? Kenapa nggak cobain bikin Egg Benedict aja? Kamu dan pasangan bisa menikmati olahan telur lezat yang praktis dengan bahan yang mudah didapat.

Caranya adalah masak air dan Krim Sup Royco sampai mendidih, masukkan keju dan masak sampai meleleh, sisihkan. Lantas panaskan minyak dalam wajan, letakkan tomat menghadap bawah, dalam wajan yang sama tumis bawang putih, daun thyme dan jamur sampai cokelat. Didihkan air, masukkan cuka, buat pusaran dan tuang telur ke dalam pusaran, rebus selama 2 menit, angkat.

Langkah selanjutnya susun telur, tomat, dan jamur di atas piring, tuang dengan saus keju. Sajikan dengan roti panggang. Wah, cocok nih buat menu sarapan pada hari Valentine. Resep lengkap andalan olahan telur ini bisa kamu lihat di sini.


Nah, Sobat Brilio, gampang dan nggak pakai ribet kan bikin masakan-masakan ala kamu sendiri? Jadi tunggu apa lagi? Yuk belajar masak dan kasih kejutan buat si dia!

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    45%

  • Ngakak!

    3%

  • Wow!

    39%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    13%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

7 Masakan simpel ini bikin Valentine makin romantis & berkesan.
Memasak sendiri juga bisa menurunkan berat badan, lho.
https://www.brilio.net/cinta/7-masakan-simpel-ini-bikin-valentine-makin-romantis-berkesan-1802121.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP