Brilio.net - Bagi sebagian wanita, dana atau budget khusus untuk membeli peralatan makeup memang harus sengaja di sisihkan setiap bulannya. Belum lagi harga makeup yang bermerk itu pasti mahal dan menguras kocek. Maka, tak heran kalau wanita harus pintar-pintar mengaturnya agar dana untuk membeli makeup nggak membengkak dan cenderung boros.

Untuk itu perlu cara tertentu untuk membuat peralatan makeupmu menjadi lebih awet dan tahan lama. Seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/2) berikut ini 17 trik sederhana untuk merawat sekaligus membuat peralatan makeup semakin awet saat dipakai.

1. Campurkan sedikit lotion wajah pada foundationmu


foto: cosmopolitan

Cara ini bertujuan agar foundationmu lebih encer dan bisa awet lebih lama, selain itu juga bisa lebih membuat warna foundation semakin lembut.

2. Jangan buru-buru membuat bungkus kosmetik


foto: pinterest

Sebelum kamu buang produk pada kemasan tabung plastik, gunting terlebih dahulu untuk mengambil isinya. Karena kamu akan menemukan sesuatu yang mengejutkan saat produkmu tersebut ternyata masih ada dalam jumlah yang cukup lumayan. Kemudian dengan bantuan cotton bud kamu bisa memindahkannya ke dalam cepuk.

3. Jangan buang lapisan plastik di bedak


foto: konetou

Lapisan plastik yang biasa ada dalam bedak padat baru itu punya fungsi tersendiri. Lapisan ini akan membantumu melindungi bedak agar tetap baru. Karena minyak pada wajah yang menempel di spons bedak bisa merusak bedak.

4. Bersihkan palet eye shadow pakai alkohol


foto: cosmopolitan

Cara membersihkan eye shadow adalah dengan memakai alkohol. Tuang alkohol dalam botol, kemudian semprotkan sampai merata. Setelah itu tekan-tekan menggunakan kapas.

5. Padatkan bedak yang hancur


foto: modifylifestyle

Pasti kesal rasanya saat makeupmu hancur berantakan akibat terjatuh atau tertekan sesuatu. Untuk memadatkannya kembali kita bisa menggunakan sedikit cairan alkohol. Caranya campurkan sedikit alkohol pada makeupmu yang hancur, kemudian dengan bantuan punggung sendok untuk memadatkannya.

6. Hemat maskara pakai larutan garam


foto: pinterest

Jangan buru-buru buang maskara atau eyelinermu yang sudah mengering. Gunakan larutan garam untuk mencairkan kembali.

7. Alkohol bikin bulu mata awet


foto: beautybroadcast

Kamu tidak perlu sering-sering membeli bulu mata palsu. Caranya setelah menggunakan bulu mata palsu, bersihkan kembali dengan menyikatkan dengan bantuan sikat alis dan alkohol. Alkohol akan membantu menetralisasi kuman, kotoran makeup yang menempel dan menghilangkan bekas lem.

8. Hemat maskara dengan air hangat


foto: livingly

Cara lain mengatasi maskara yang menggumpal adalah dengan merendamnya dalam air hangat. Namun pastikan bahwa maskaramu belom kadaluwarsa lho..

9. Menghemat lipgloss dengan mengaduknya


foto: cosmopolitan

Lepas bagian karet dalam lipgloss saat lipglossmu sudah hampir habis. Kemudian dengan kuasnya gunakan untuk mengaduk bagian dalam untuk mengumpulkan isi lipgloss kembali.

10. Perbaiki lipstik yang patah dengan korek api


foto: sayyes

Korek api ternyata bisa untuk memperbaiki lipstik yang patah. Caranya adalah menyatukan kembali bagian lipstik yang patah dengan meleburkannya dengan sedikit api. Panas dari api akan membuat lipstik mencair sehingga menyatu kembali.

2 dari 2 halaman


11. Eye shadow bisa untuk lipstik


foto: you4ik

Manfaatkan eye shadow warna cerahmu yang sudah retak menjadi lipstik. Caranya campurkan sedikit petroleum jelly dengan remukan eyeshadow. Kamu bisa bereksperimen menemukan warna lipstik baru untuk bibirmu.

12. Eye shadow bisa untuk cat kuku


foto: awesomeinventions

Selain membuat lipstik baru, bekas eyeshadow dan potrelum jelly bisa kamu pakai sebagai cat kuku cantik. Jadi kamu nggak harus keluar dana buat beli cat kuku baru bukan?

13. Simpan makeup di lemari es


foto: myhairmybeauty

Panas dan cahaya matahari bisa mengubah formula suatu produk makeup. Makanya, simpan cat kuku, lipstik dan parfum dalam lemari es untuk menjaga formula dari produk tersebut. Namun, bedakan sendiri rak kosmetik dengan rak untuk menaruh makanan lain.

14. Air panas bikin cat kuku tidak mengering


foto: pinterest

Sering kali cat kuku akan susah dibuka karena cat yang mnegering. Nah, untuk mengatasinya rendam bagian atas botol cat kuku atau pada bagian tutupnya pada air panas. Uap dan panas bisa mencairkan sisa-sisa cat yang menempel sehingga kamu bisa membukanya kembali.

15. Tetesan parfum bikin lotion lebih wangi


foto: pinterest

Jika lotionmu kurang wangi, kamu bisa lho memberi aroma sendiri pada lotionmu. Caranya dengan menetesi beberapa tetes parfum pada lotionmu.

16. Hemat kuas makeup dengan bantuan baby oil


foto: diaryofalifelover

Daripada buru-buru membuang kuas makeupmu yang kotor dan lengket, gunakan saja baby oil atau minyak zaitun untuk membersihkan dan mengembalikan kembali bentuk kuas seperti baru.

17. Jangan melebihi aturan takaran pemakaian


foto: Pinterest

Sebenarnya ada takaran tertentu menggunakan aneka produk rambut, seperti shampo, serum, maupun kondisioner. Pastikan kamu tidak melakukan pemborosan dalam pemakaiannya.